oleh

EMAS Tampil Briliant di Debat Cawali dan Cawawali Tomohon Tahap Pertama.

-Tomohon-142 views

Speednews-manado.com,TOMOHON–Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota bernomor urut 2 Jimmy F Eman (JFE) dan Serly Adelyn Sompotan (SAS) tampil brilian dan cerdas pada Debat Calon Walikota (Cawali) dan Wakil Walikota (Cawawali), tahap Pertama yang di gelar secara publik bertempat di Aula Wale Megfra Sabtu (12/09/15).

Pada sesi tanya-jawab yang dipandu moderator Dr Charles HS Tangkau MAP Dosen Program Study Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Unima. Terpantau media ini paslon nomor urut 2 yang berjargon “EMAS”, dengan penuh rasa percaya diri dan tampil brilian serta cerdas saat menjawab pertanyaan-pertanyaan Paslon nomor urut 1 dan 3.

Tangkau sebagai Moderator memberikan waktu masing-masing 2 menit untuk menjawab pertanyaan. Paslon nomor 3 Jonru-Vop memberikan pertanyaan kepada pasangan nomor urut 2 JFE dan SAS mengenai wakil walikota yang tidak terisi selama hampir 5 tahun.

Pasangan nomor 2 dengan cerdas dan brilian menjawab bahwa kewenangan menentukan di isinya wakil walikota yang kosong adalah Partai Pengusung dalam hal ini Partai Golkar.

“Memang kami sebagai wakil yang menjadi Walikota ini sangat berharapan bisa ada yang mendampingi, memang sebelum Partai Politik kami (Golkar) bermasalah. Kami telah melakukan rapat bahwa secara aturan yang akan memajukan calon wakil walikota itu adalah Partai Politik bukan Walikota,” Ujar Paslon Walikota nomor urut 2 ini.

Lanjutnya secara aturan, dua hari menjelang akhir jabatan bisa diisi.”Dan pengisian Wakil Walikota tidak harus empat bulan dua haripun bisa diisi sebelum masa jabatan berakhir 7 Januari 2016 nanti,”Tandasnya.

Sementara itu saat moderator memberikan waktu Paslon nomor urut  2 untuk bertanya kepada Paslon nomor urut 3 dan 1 apa pendapat mereka mengenai WTP yang diraih 2 kali berturut-turut oleh kota Tomohon. Mono Turang dari Paslon nomor urut 3 dengan sedikit arogan menjawab pertanyaan Paslon nomor urut 2, dengan mengatakan bahwa jika pasangan kami nomor urut 3 terpilih nanti kami bisa mempersembahkan WTP bahkan bisa 3 kali berturut-turut.

“WTP itu adalah suatu kewajiban pemerintah,bukan hanya sekedar reward dan siapapun yang memimpin nanti wajib hukumnya mematuhi peraturan dan otomatis mendapatkan WTP,” tandas Turang.

Sementara Paslon nomor urut 1 Jonru-Vop menjawab bahwa WTP itu adalah kewajiban seorang pemimpin untuk melakukannya dan itu adalah ukuran umum bukan ukuran pribadi.

” WTP itu akan tercapai jika ada hubungan baik Pemerintah dan DPRD,”Ujar Calon Wakil Walikota nomor urut 3 Vonny Paat.

Di tempat terpisah beberapa warga masyarakat yang sempat mengikuti debat ini lewat media radio saat di minta tanggapan mengenai jawaban Paslon  nomor urut 3 dan 1 mereka mengatakan bahwa jawaban yang di berikan kedua Paslon tersebut tidak relevan dengan pertanyaan Paslon nomor urut 2.

” Yang ditanya apa pendapat nomor urut 3 dan 1 mengenai penghargaan WTP yang diterima kota Tomohon 2 kali berturut-turut,jawaban nomor urut 3 malahan dengan gamblang bisa mempersembahkan 3 kali berturut-turut,padahal yang ditanya pendapat mereka,” ujar Fian warga Kinilow.

Ditambahkan Lexi Warga Tara-tara, sebenarnya mereka harus memahami bahwa yang ditanyakan itu pendapat bukan definisi WTP.

” Jadi jawaban Paslon 3 dan 1 itu bukan memberikan pendapat, malahan menguraikan definisi WTP,”Ujar Lexi.

Ditambahkan Lexi,dari ketiga Paslon yang mengikuti debat publik terbuka ini Paslon nomor urut 2 sangat brilian memberikan pertanyaan dan begitu cerdas menjawab pertanyaan Paslon nomor urut 3 dan 1.

“Paslon dengan Jargon Emas memang sangat brilian,santun dan cerdas dan sudah terbukti pembangunan di Kota Tomohon begitu pesat, kami sebagai warga masyarakat sudah banyak merasakan pembangunan yang pro rakyat yang telah di persembahkan oleh incumbent Cawali Tomohon JFE,semua sudah di buktikan,lanjutkan,” ungkapnya.(Denny)

News Feed