oleh

Brigjen TNI Prince Meyer Putong Beri Pembekalan  Kepada Personil Satgaspam Pulau Kecil Terluar

Bolmong – Danrem 131/Brigejen TNI Prince Meyer Putong selaku Komandan Komando Pelaksana Opersai (Dankolakops) membuka langsung acara pembekalan sekaligus memberikan materi terkait tugas dan tanggung jawab di wilayah perbatasan  kepada personil Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) pulau-pulau kecil terluar Indonesia – Filipina yang kali di percayakan kepada Batalyon Arteleri Medan 19/105 -Tarik di Aula Mako Yon Armed, Lolak (26/04/2021).

Danrem 131/Santiago menyampaikan, pembekalan materi ini sangat penting untuk prajurit yang akan melaksanakan tugas di perbatasan.

“Hal ini bertujuan untuk membekali para prajurit Satgaspam pulau-pulau kecil terluar dengan berbagai ilmu serta materi yang diberikan berkaitan dengan tugas di perbatasan,” kata Danrem

“Wilayah perbatasan suatu negara merupakan garis terdepan yang memiliki nilai strategis terhadap aspek pertahanan dan keamanan untuk mempertahankan kedaulatan negara, karena wilayah perbatasan sangat memiliki kerawanan yang harus dijaga dan diwaspadai dari berbagai ancaman yang kemungkinan akan timbul dari pihak luar,” tambah Danrem

Ia juga berharap para prajurit satgas semakin profesional di setiap tugas yang dilaksanakan dan dengan sepenuh hati yang dilandasi oleh kasih serta semangat yang tinggi

“Laksanakan patroli secara rutin di daerah atau tempat yang sekiranya rawan, sehingga masyarakat pun yakin kalau keberadaan TNI di perbatasan sangat bermanfaat dan membawa kesejahteraan yang semakin baik bagi kehidupan masyarakat di perbatasan. Kalian pada saat melaksanakan tugas akan bersama-sama dengan instasi terkait antara lain Polisi, Imigrasi, Karantina, dan Bea Cukai. Laksanakan pendampingan kepada masyarakat contohnya  membatu dalam hal memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak sekolah dan hidup  bergotong royong,” ujar Danrem.

Danrem juga menegaskan agar saat bertugas di perbatsan tidak ada prajurit yang menjadi korban sia-sia, lakukan tugas dengan profesional dan  faktor keamanan menjadi prioritas utama, agar bisa kembali dengan selamat.

Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan di tiga tempat secara serentak, yakni Yon Armed 19/105-Tarik lolak , Kodim 1301/Sangihe dan Kodim 1312/Talaud. Kegiatan ini juga dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka, Para Kepala Seksi Kasrem 131/Santiago, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Rajagunung Nasution, Kapolres Bolmong nAKBP DR. Nova Irone Surentu, Danyon Armed 19/105-/Tarik Letkol Arm Yoki Efriandy, Asisten I Kabupaten Bolmong D. Rompas, Ketua DPRD Kabupaten Bolmong Welti Komaling, Ketua Pengadilan Kabupaten Bolmong Andri Sufari, dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kotamobagu Arthur Piri.

News Feed