oleh

Tabur Benih Ikan Air Tawar, Kanwil BRI Manado Juga Salurkan Pinjaman KUR

Minahasa – Kanwil BRI Manado melaksanakan kegiatan tabur benih ikan air tawar bersama Forkopimda, Sabtu (10/04/2021) kemarin di Danau Tondano. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyaluran pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada lima pelaku usaha UMKM jaring apapun dengan total plafond kredit sebesar Rp.160 juta.

Pada tahun 2020 lalu, Kanca BRI Tondano telah menyalurkan KUR sebesar 176.28 Miliar kepada 6623 pelaku UMKM. Dan di tahun 2021 ini Kanca BRI Tondano sampai pada 31 Maret 2021 telah menyalurkan KUR sebesar Rp. 52.37 Miliar dari alokasi sebesar Rp. 381.77 Miliar.

Untuk Kanwil BRI Manado khususnya wilayah Sulawesi Utara (Sulut) telah menyalurkan KUR sebesar 246.6 Miliar atau 14% sampai dengat 31 Maret 2021 dari alokasi KUR wilayah Sulut sebesar Rp. 1,75 Trilyun.

Kanca BRI Tondano dengan wilayah supervisi yang meliputi 4 Kabupaten/Kota, terdapat 16 BRI Unit dengan 57 orang mantri yang mengelola 533 desa/kelurahan, diharapkan mantri BRI dapat mengoptimalkan potensi wilayah dengan berkolaborasi bersama pemerintah setempat guna mensukseskan terwujudnya inklusi keuangan yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan nilai sosial di masyarakat.

Selain memberikan modal usaha melalui KUR, kolaborasi antara mantri BRI dan pemerintah setempat dapat mengembangkan potensi klaster usaha dan melatih anggota klaster agar produk-produk yang dihasilkan lebih bernilai dan mampu bersaing dipasar.

“Hal ini tentunya sejalan dengan program KlasterKu Keren (K3) yang dicanangkan beberapa waktu lalu yaitu, ingin menjadikan klaster usaha sebagai pondasi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi UMKM melalui kolaborasi berbagai unsur yang menjunjung tinggi kreatifitas, sehingga terwujud inklusi keuangan yang menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujar Regional CEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono

Pada kesempatan tersebut Regional CEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono juga menyampaikan terima kasih atas peran dan kerja sama yang baik dari Pemerintah Daerah, Forkopimda, Bank Indonesia, dan OJK.

“Apa yang kita lakukan ini merupakan salah satu peran BRI dalam mendukung program pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan menumbuhkan pusat-pusat bisnis yang baru diantaranya di sektor pertanian dan perikanan. Dan atas inisiasi Danrem 131/Santiago maka kami menyampaikan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan usaha dengan menyalurkan KUR,” jelasnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Kasdam XIII/Mdk Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Danlanudsri Marsekal Pertama M. Satriyo Utomo, Bupati Minahasa, Royke Ovtavian Roring, Inspektur Audit Intern Wil Manado Agus Suharyo, Pemimpin Cabang BRI KC Manado Purwanto, Pemimpin Cabang BRI KC Boulevard Kurniawan Prihatmaka, Pemimpin Cabang BRI KC Tondano I Gede Mahendra, Para Kepala Seksi Kasrem 131/Santiago, Ketua Persit KCK Koorcab Rem PD XII/Mdk beserta pengurus.

News Feed