oleh

Danrem 131/Santiago Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Samrat 2021

Manado – Danrem 131/Santiago terjunkan personel dalam rangka membantu Polda Sulawesi Utara (Sulut) untuk mengamankan hari besar umat muslim yakni hari raya Idul Fitri 1442 H agar berjalan dengan aman dan hikmat.

Hal tersebut dibuktikan oleh Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong dengan menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2021 jelang hari raya Idul Fitri 1442 H yang diikuti kurang lebih 250 personil gabungan di lapangan Mapolda Sulut, Rabu (05/05/2021).

Operasi yang rutin digelar setiap tahun ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat perayaan hari raya Idul Fitri, serta sebagai upaya pengendalian dalam penanganan penyebaran virus covid-19, serta pengendalian arus lalu lintas masyarakat yang akan berniat mudik.

“Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Samrat 2021 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H di Wilayah Sulut,” kata Gubernur Olly Dondokambey saat memimpin apel tersebut.

Dirinya juga mengatakan, apel gelar pasukan ini merupakan bentuk kesiapan dalam rangka menghadapi perayaan hari raya Idul Fitri 1442 di wilayah Sulut guna menjaga keamanan dan pengendalian serta penanganan pandemi Covid-19 sebelum, selama dan sesudah lebaran.

“Perayaan hari raya Idul Fitri bukan hanya sebagai hari raya keagamaan, namun sudah menjadi tradisi kita, untuk itu perlu adanya pengelolaan dan perhatian khusus bagi kita semua karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,” jelas Olly Dondokambey

Gubernur juga menegaskan, Untuk menindak lanjuti surat edaran dari pemerintah pusat untuk tidak adanya mudik di seluruh Indonesia maka di Provinsi Sulut juga ditiadakan mudik, ini semua dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 di wilayah Sulut.

Sementara itu, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Mayer Putong usai mengikuti apel gelar pasukan tersebut mengatakan bahwa, Korem 131/Santiago beserta jajaran siap mendukung kepolisian dalam hal ini Polda Sulut untuk menjaga keamanan dan memberikan rasa aman serta kenyamanan kepada seluruh saudara saudari yang merayakan hari raya Idul Fitri 1442 H di Wilayah Sulut.

“Saya sudah instrusikan para Dandim jajaran Korem 131/Santiago agar segera melaksanakan koordinasi dan bersinergi dengan instansi terkait guna mencegah dan mengantisipasi tindakan yang dilakukan oleh kelompok tertentu atau orang yang tidak bertanggung jawab pada saat perayaan hari raya Idul Fitri serta mencegah larangan mudik yang sudah di instruksikan oleh pemerintah mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 hal ini dilakukan guna mencegah lonjakan penyebaran positif Covid-19,” Tegas Danrem

Danrem juga mengimbau kepada warga agar mewaspadai kejahatan-kejahatan atau gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi seperti aksi copet, pencurian dalam rumah kosong maupun kebakaran rumah akibat ditinggal pergi oleh pemiliknya.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Kapolda Sulut, Irjen Pol Nana Sujana, Asops Lantamal VIII/Manado, Kolonel Laut (P) Patun Ujung, Kadisops Lanudsri Manado, Letkol PNB Ade Fitra, Kajati Sulut, Dita Prawitaningsih, Bakamla ZMT, Letkol Laut Roby Anakota, Dandim 1309/Manado, Kolonel Inf Y. N. R Raja Sulung Purba, Kajari Manado, Esther P. T Sibuea, Sekda Kota Manado, Micler C. S Lakat.

News Feed