oleh

Launching Pendataan SDGs Desa Tumaluntung, Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

Hukum Tua Desa Tumaluntung Richard Kamagi memberikan perlengkapan kepada  Tim Relawan  Pemutakhiran Data SDGs

 

Minut – Pemerintah Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Hukum Tua Richard S. Kamagi SH menggelar Launching Pendataan Desa Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tahun 2021 oleh Kelompok Kerja (Pokja) Tim Relawan yang di selenggarakan di Kantor Desa Tumaluntung pada Selasa, 04 Mei 2021.

Hukum Tua Richard S. Kamagi SH Launching Pendataan Desa Pemutakhiran Data IDM Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tahun 2021, yang dalam penyampaiannya mengatakan, “Dengan sudah dibentuk dan dikukuhkannya Kelompok Kerja (Pokja) Tim Relawan Pendataan Desa Pemutakhiran Data IDM Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tumaluntung Tahun 2021 oleh Camat Kauditan, Royke Rampengan pada beberapa waktu lalu, dengan ini me-Launching Kelompok Kerja (Pokja) Tim Relawan untuk melaksanakan Pemutakhiran Data IDM Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tumaluntung”, ujar Hukum Tua Richard S. Kamagi SH.

 

Lanjutnya, “Pemutakhiran data berbasis tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak.

Pemutakhiran Data IDM Berbasis SDGs Desa Tumaluntung menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2022 dan APBDes Tahun Anggaran 2022.

Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level keluarga dan warga.

Dengan desa memiliki data yang lengkap diharapkan perencanaan desa akan menjadi lebih baik.

Perencanaan yang bagus, akan tepat sasaran kalau perencanaan itu didasarkan pada data yang valid dan akurat.

Dengan SDGs ini, nantinya pembangunan Desa Tumaluntung akan diselenggarakan secara berkelanjutan, sekaligus singkron dengan program pembangunan dari Pemerintah Pusat”, tutur Hukum Tua Richard S. Kamagi SH.

“Untuk itu, mari kita dukung proses pelaksanaan pemutakhiran data IDM dalam Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tumaluntung untuk perkembangan kemajuan pembangunan berkelanjutan Desa Tumaluntung, menuju Kabupaten Minahasa Utara lebih hebat di bawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH, MH.

Dengan adanya Kelompok Kerja (Pokja) Tim Relawan Pendataan Desa Pemutakhiran Data IDM Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa ini, data-data di Desa bisa benar-benar tepat dan akurat.

Mengucapkan selamat kepada Tim Relawan yang sudah di percayakan dalam pendataan di Desa Tumaluntung kiranya dapat melaksanakan tugas dengan baik karena sudah di bekali bagaimana teknis pendataan di lapangan, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sehingga data yang di dapat dari masyarakat valid dan akurat, juga kepada seluruh masyarakat Tumaluntung diharapkan kerjasama yang baik, tetap patuhi aturan pemerintah dengan ketat terapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sekali lagi, mari kita dukung proses pelaksanaan pemutakhiran data IDM dalam Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa untuk perkembangan kemajuan pembangunan berkelanjutan Desa Tumaluntung, menuju Kabupaten Minahasa Utara lebih hebat di bawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH, MH”, tukas Hukum Tua Richard S. Kamagi SH.

Dalam SDGs Nasional terdapat 17 poin, sedangkan dalam SDGs Desa terdapat 18 poin, yaitu:

1. Desa Tanpa kemiskinan

2. Desa Tanpa Kelaparan

3. Desa Sehat dan Sejahtera

4. Pendidikan Desa Berkualitas

5. Desa Berkesetaraan gender

6. Desa Layak Air bersih dan Sanitasi

7. Desa yang Berenergi Bersih dan Terbarukan

8. Pekerjaan dan Pertumbuhan Ekonomi Desa

9. Inovasi dan Infrastruktur Desa

10. Desa Tanpa Kesenjangan

11. Kawasan Pemukiman Desa Berkelanjutan

12. Konsumsi dan Produksi Desa yang Sadar Lingkungan

13. Pengendalian dan Perubahan Iklim oleh Desa

14. Ekosistem Laut Desa

15. Ekosistem Daratan Desa

16. Desa Damai dan Berkeadilan

17. Kemitraan untuk Pembangunan Desa

18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

enol

News Feed