TMMD Ke-112 Wilayah Kodim 1301/Sangihe Resmi Dibuka

Nusa Utara38 Dilihat

Tahuna – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 TA 2021 yang digelar di wilayah Kodim 1301/Sangihe secara resmi dibuka oleh Sekda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Melanchton Harry Wolff, Rabu (15/09/2021) kemarin, di aula pendopo Jabatan Bupati Kabuoaten Kepulauan Sangihe.

Pembukaan TMMD ke-112 tersebut digelar secara sederhana dengan mempertimbangan protokol kesehatan secara ketat.

Satgas TMMD ke-112 kali ini melibatkan personil TNI AD sebanyak 120 orang, TNI AL 5 orang, TNI AU 2 orang, Kepolisian 10 orang dan tim asistensi dari Pemda Kabupaten Kepulauan Sangihe sebanyak 13 orang, sehingga total personil yang terlibat dalam satgas berjumlah 150.

Pada kegiatan pembukaan TMMD Ke-112 ini diawali dengan penandatanganan berita acara penyerahan pekerjaan yang ditanda tangani oleh Dandim 1301/Sangihe selaku Dansatgas TMMD ke-112 TA 2021, Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin dan Sekda Kepulauan Sangihe, serta penyerahan alat kerja secara simbolis kepada perwakilan penerima alat kerja.

Pembukaan kegiatan TMMD ini digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. dengan alokasi waktu selama 30 hari. Satgas TMMD ini pun harus menyelesaikan berbagai sasaran baik sasaran fisik meliputi perintisan jalan sepanjang 2 Km, pembuatan talut, rabat beton sejauh 250 m, pengecatan gereja dan pengecatan masjid serta sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi dan pengobatan gratis bagi warga yang sakit di sekitar lokasi TMMD.

Baca juga:  Dampingi Gubernur Sulut, Danlantamal VIII dan Forkopimda Sulut Pantau Pulau Terluar

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan bahwa TMMD merupakan salah satu kegiatan bakti TNI dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Operasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud yang salah satunya adalah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan kriteria sasaran berupa daerah miskin, tertinggal, terisolir, daerah kumuh, daerah perbatasan dan pulau terluar serta daerah terkena bencana alam” kata Sekda

“Saya berharap dengan kemanunggalan TNI, pemerintah Kepulauan Sangihe dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah di daerah ini,” lanjut Sekda

Sementara itu, Dandim 1301/Sangihe, Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin mengatakan bahwa, sasaran kegiatan TMMD kali ini terdiri dari 2 sasaran yaitu, fisik dan non fisik dan TMMD merupakan wujud sinergi TNI bersama pemerintah daerah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Baca juga:  Babinsa Koramil 1313-02/Lirung Ajak Warga Binaan Bangun Destinasi Wisata

“Sasaran TMMD ini ada 2 yaitu Fisik dan Non Fisik, sasaran fisik meliputi perintisan jalan sepanjang 2 Km, pembuatan talut, rabat beton, pengecetan gereja dan masjid serta sasaran tambahan yaitu pemasangan keramik di Gereja GMIST Pindang,” Ujarnya

“TMMD juga merupakan wujud sinergitas TNI bersama Pemda dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Dandim

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kajari Kabupaten Kepulauan Sangihe Eri Yudianto, Kasdim 1301/Sangihe Mayor Inf Rasmul Tamalawe, Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudimang, Kapolres Kabupaten Sangihe AKBP Tony Budi Suyetyo, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin, Hanla. Ketua Sinode GMIST Pdt. Patras Madonsa. (*/Afr)