Sumilat Tegaskan Masyarakat Stop Buang Sampah Sembarangan

Berita Utama, Manado32 Dilihat
Ir Jean Sumilat

MANADO – Untuk mendukung program pemerintah dalam menangani sampah dan banjir, anggota DPRD Kota Manado Ir Jean Sumilat melakukan kampanye kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Jean Sumilat berpesan kepada masyarakat, untuk meninggalkan kebiasaan lama membuang sampah sembarangan yang bisa mengakibatkan dampak tercemarnya lingkungan dan terkesan jorok.

Selain hal tersebut, Sumilat menambahkan dampak lain yang diakibatkan oleh sampah, yaitu banjir. Membuang sampah yang tidak pada tempatnya menimbulkan sejumlah masalah. Selain dampak lingkungan, sampah plastik yang dibuang sembarangan bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran air, yang mengakibatkan banjir.

“Contohnya di depan toko, warung makan dan tempat usaha sering saya lihat hanya membuang sampah di depan tempat usahanya itu, berserakan dan terkesan jorok, tidak elok dipandang, dan jika terjadi hujan tumpukan sampah itu akan menuju ke saluran air dan jelas akan menyumbat drainase,” jelas Sumilat yang juga ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Malalayang itu, Rabu (20/10/21)

Baca juga:  Walikota, Wawali, Sekda Buka Puasa Bersama Jamaah Al-Kautsar Kairagi Dua

Perilaku masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya menurut Sumilat harus dirubah. Dengan begitu, Kota Manado diharapkan akan menjadi kota bersih dan bebas dari banjir.

“Mindset atau pola pikir tentang dampak dari sampah harus dirubah. Masyarakat harus ikut berperan penting dalam memerangi sampah. Pemerintah Kota Manado sedang gencar mensosialisasikan kepada masyarakat tentang penanganan sampah, mulai dari rumah sampai ke TPA, namun untuk mengendalikan semua harus ada peran serta masyarakat didalamnya. Bagaimana caranya, ubah maindset kita, buang sampah pada tempatnya dan pada waktunya,” tukas Srikandi PDI Perjuangan Manado ini. (**)