oleh

Selaku Dansatgas Pengamanan Wilayah, Danrem 131/Santiago Sambut Kedatangan Wakil Presiden RI Maruf Amin

MANADO – Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, MIP selaku Dansatgas Pengamanan Wilayah menyambut kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin beserta rombongan di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Jumat (19/11/2021) kemarin.

Kedatangan Wakil Presiden RI di Sulawesi Utara tersebut dalam rangka peresmian pembukaan Konferensi Nasional FKUB Ke-VI Se-Indonesia dan Pekan kerukunan Internasional 2021 yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Maumbi Kabupaten Minahasa Utara.

Adapun acara diawali dengan laporan oleh Sekjen FKUB RI Taslim Syahlan kemudian sambutan Gubernur Sulut yang intinya ucapan selamat datang dan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya atas kehadiran Wakil Presiden RI Prof DR (H.C) KH Ma’ruf Amin.

Selanjutnya Sambutan oleh Wakil Presiden RI yang intinya mengapresiasi kehadiran FKUB se-Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi serta dioptimalkan untuk menjadi wadah meningkatkan toleransi di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk para pendiri bangsa telah dapat merumuskan dasar negara yaitu Pancasila. Kesepakatan tersebut dapat terwujud karena masing masing pemimpin dapat mengedepankan kepentingan bersama diatas kepentingan kelompok. Sikap positif ini harus kita jaga dan kita wariskan kepada generasi penerus atau generasi milenial,” kata Wapres RI Maruf Amin

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragama, maka harus saling menjaga kerukunan beragama dan kerukunan secara nasional, yang harus dijaga bersama. Untuk itu, para tokoh agama membentuk FKUB untuk menjaga kerukunan umat beragama.
Penguatan FKUB melalui :

1. Bingkai Politis, melalui penguatan 4 Pilar nasional, Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.
2. Bingkai Yuridis, aturan harus dipatuhi.
3. Bingkai sosiologis, menjaga kearifan lokal.
4. Bingkai Teologis, dari masing masing agama menjaga teologi kerukunan dalam penyampaian ajaran agama.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Presiden RI memberikan apresiasi kepada FKUB yang telah sering berperan dalam penyelesaian konflik kerukunan beragama. Selain itu, FKUB juga mampu menyelesaikan perselisihan Pilkada dibeberapa daerah. Kerukunan sangat mahal, sehingga harus didukung oleh Pemda. Tantangan FKUB saat ini, menghadapi era digital, sehingga perlu diantisipasi hoax di media Sosial.

Usai sambutan oleh Wakil Presiden RI dilanjutkan dengan pemukulan Tetengkoren bersama sebagai tanda Peresmian Pembukaan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi VI FKUB, selanjutnya Wapres melakukan penandatanganan prasasti penetapan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi se-Indonesia.

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong (Selaku Dansatgas Pengamanan Wilayah) saat ditemui usai kegiatan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh unsur pengamanan baik TNI dan Polri serta instansi terkait yang sudah bekerja sama dalam tugas pengamanan selama kegiatan Kunjungan Wakil Presiden RI di Manado, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa semua ini juga tidak terlepas, karena berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Utara yang sudah bekerja sama dalam menjaga keamanan di wilayah sehingga seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kerja Wakil Presiden RI beserta rombongan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, IdaFauziyah, (Menteri Ketenagakerjaan RI), TTetenMasduki (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI), Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, PangdamXIII/Mdk Mayjen TNI Wanti Waranei F Mamahit, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, DanlantamalVIII/Manado Brigjen TNI (Mar) Iwayan Ari Wijaya SE CFrA, DanlanudsriMarsma TNI M. Satriyo Utomo, Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw, Seluruh Walikota dan Bupati se Sulawesi Utara.

Selama kegiatan berlangsung, tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan covid 19 secara ketat. (AR)

News Feed