Tertarik Tanaman Aren, Bupati Tasikmalaya Sambangi Tomohon

(Foto: Prokopim)

TOMOHON – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH melalui Wakil Wali Kota Wenny Lumentut, SE menerima kunjungan lapangan bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, SIP beserta jajaran di Show Window Tomohon, Rabu (24/11/21).

Wakil Wali kota Tomohon Wenny Lumentut, SE mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon selamat datang dan terima kasih kepada bapak Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, SIP bersama rombongan yang telah berkunjung di kota sejuk Tomohon. “Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada bapak Bupati,” tutur Lumentut.

Wenny berharap semoga melalui kunjungan lapangan saat ini akan mampu menyerap berbagai kiat sukses dalam pelaksanaan budidaya tanaman aren dan hasil olahan yang ada di Kota Tomohon serta manfaatnya.

Wawali menjelaskan bahwa tanaman aren memiliki kelebihan dan manfaat ekonomi lebih dibandingkan dengan pohon lain maka penanaman aren menjadi pilihan utama hingga sekarang. Pohon aren mulai akar batang daun, lidi ijuk hingga nirahnya dapat dimanfaatkan.

Baca juga:  Walikota Tomohon Melayat di Rumduk Kel Wariki-Lasut

Terutama nirahnya dapat diolah menjadi gula dengan kualitas export. Serta batang kayu aren yang telah selesai berproduksi dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat mebel dan tehel seperti yang di produksi oleh pusat pengelolaan kayu kelapa dan kayu aren di PPWG Kaaten Tomohon.

Pengembangan tanaman aren yang ada dengan hasil turunannya yang antara lain air nirah yang kemudian bisa diproses melalui penyulingan menjadi uap dan menghasilkan alkohol yang juga dapat digunakan sebagai hand sanitizer.

“Begitupula dengan proses pengolahan air nirah yang dimasak dalam kuali kemudian menjadi gula batu dan gula semut. Hasil gula aren ini digunakan sebagai bahan pokok untuk membuat kue-kue tradisional,” jelasnya

“Akhir kata semoga kunjungan kerja ini dapat bermanfaat baik untuk pemerintah Kabupaten Tasikmalaya maupun untuk pemerintah Kota Tomohon agar supaya pelayanan kita kepada masyarakat akan semakin prima,” tandasnya.

Baca juga:  Anak-Anak Usia Dini Ikut Berpartipasi di FBKM 2023

Bupati Tasikmalaya merasa bersyukur saat pertama kali datang di Tomohon sepertinya pulang rumah, itu karena kemiripan Tomohon dan Tasikmalaya, walaupun perlu diakui Tomohon lebih indah karena bunganya.

“Adapun maksud kedatangan kami adalah menambah wawasan dan pengetahuan guna meningkatkan Budidaya Tanaman Aren dan Hasil Produksi Olahan di Tasikmalaya,” terangnya.

Tasikmalaya merupakan daerah dengan lahan aren terbesar bahkan mungkin didunia, tapi pengeloaanya masih tradisional.”Oleh karena itu kami datang di Kota Tomohon untuk belajar pengolahan, belajar tata kelola dan belajar sistem dari Kota Tomohon,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini Bupati tasikmalaya bersama rombongan juga melakukan kunjungan ke pabrik gula aren masarang, dan lokasi wisata danau linow.

Hadir jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya serta Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP. (*denny)