Pemkot Tomohon Gelar Monev & Pelaporan Terkait Dana BOS

Berita Utama, Tomohon194 Dilihat
(Foto Prokopim)

TOMOHON – Pemkot Tomohon menggelar kegiatan monitoring, evaluasi (Monev) dan pelaporan terkait pengelolaan dana BOS pada pemerintah daerah yang digelar di  AAB Guest House, Senin (07/2/22).

Sambutan Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE. MEmengatakan Dana Bantuan Operasional Sekolah  merupakan bagian program pemerintah pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan yang bersumber dari dana alokasi khusus non fisik.

“Dana BOS sebagai bagian dana transfer ke daerah pada pemerintah provinsi perlu dikelola secara tertib, efisien dan ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab, yang merupakan bagian dari pengelolaan keuangan daerah,” kata Sekot Roring.

Baca juga:  Paniki Dua Utusan Kecamatan Mapanget di Lomba Perkembangan Kelurahan

Dikatakan Roring, pengelolaan dana bantuan pemerintah berupa bantuan operasional sekolah pada pemerintah daerah diatur melalui peraturan Mendagri nomor 24 tahun 2020 dimana dalam peraturan ini ditegaskan bahwa pengelolaan BOS meliputi pengelolaan BOS satuan pendidikan negeri pada pemerintah kabupaten kota dan satuan pendidikan swasta pada APBD provinsi melalui mekanisme hibah.

Menyangkut kegiatan monitoring evaluasi dan pelaporan terkait dana tersebut maka tugas dan tanggungjawab bendahara sangat berat, sehingga dipandang perlu untuk dibekali bagaimana pengelolaan keuangan dana BOS sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, seperti yang kita lakukan saat ini yakni sosialisasi Permendagri nomor 24 tahun 2020 tentang pengelolaan dana BOS pada pemerintah daerah.

Baca juga:  Walikota Manado Kunjungi Ribath Al Habsyi Sumompo

“Saya memberikan apresiasi kepada para narasumber bersama panitia pelaksana kegiatan semoga kegiatan ini memberi manfaat besar dalam pengelolaan dan pelaporan penggunaan dana BOS. kepada para peserta yakni para bendahara dan operator, kiranya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga akan memudahkan dalam pelaksanaan tugas-tugas dalam pengelolaan dan pelaporannya,” ujar Sekot mengutip sambutan walikota.

Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon DR. Juliana Dolvin Karwur, M.Kes, M.Si, jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Para Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Tomohon, serta para peserta kegiatan lainnya. (**denny)