Dukung Pariwisata, Dispora Minut Gelar Down Hill Mountain Bike Thrill Race

Minahasa Utara94 Dilihat
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maximilian Tapada didampingi Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Johan Wewengkang saat Melepas Rider di Objek Wisata Kaki Dian

 

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H., dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga, yang dikepalai Drs. Maximilian Tapada, M.Sc. berkerja sama dengan Komunitas MTB Kaki Dian, menggelar Event Down Hill Mountain Bike Thrill Race yang diselenggarakan di Objek Wisata Kaki Dian Minut, pada Sabtu, 14 Mei 2022.

“Kegiatan ini untuk mengangkat Pariwisata yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, khususnya Destinasi Objek Wisata Kaki Dian, terlebih dalam mewujudkan program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, dalam meningkatkan dan memajukan Pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara, dimana Kabupaten Minahasa Utara merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Nasional”, tutur Kadispora Minut, Maximilian Tapada.

 

Lanjut dikatakannya, “Rute Down Hill di objek wisata Kaki Dian penuh tantangan, banyak belokan serta turunan curam yang disukai para Rider Down Hill Mountain Bike Thrill Race, semakin menantang semakin disukai para penggemar sepeda gunung. Ini kelebihan bagi objek wisata Kaki Dian Minut karena tak sembarang tempat bisa jadi rute Down Hill. Selain menantang, rute Down Hill di Objek Wisata Kaki Dian juga indah. Para Rider bersepeda sambil menikmati keindahan alam Minahasa Utara.

 

Kegiatan Down Hill Mountain Bike Thrill Race bekerja sama dengan Komunitas Kaki Dian MTB Thrill yang diikuti oleh Riders dari Kabupaten/Kota yang ada di Minahasa, Bitung, Manado, Minahasa Selatan dan Minahasa Utara sendiri ini, juga untuk persiapan Down Hill pada bulan Juni dengan skala Provinsi yang nantinya akan ke skala Nasional.

Baca juga:  Camat Royke Rampengan Buka Musrenbang Desa Kaasar

Event Nasional Down Hill rencananya akan di gelar bulan Juni dan nantinya akan di gelar di Kabupaten Minahasa Utara.

Bersyukur Event Nasional Down Hill ini digelar sesudah pandemi covid-19, sehingga pelaksanaannya boleh berjalan dengan baik”, ujar Kadispora Maximilian Tapada.

“Ini semua bentuk perhatian dari Pemerintah, pendorong bagi para atlit karena olahraga Down Hill Mountain Bike Thrill Race ini banyak diminati oleh para penggemar sepeda gunung.
Atas nama Pemerintah mengucapkan banyak terima kasih kepada para Riders yang boleh mengikuti event ini sehingga tercipta jalinan komunikasi dan menjadi ajang silaturahmi antar Bikers”, ungkap Kadispora Maximilian Tapada.

Kolonel Sonny Sumolang, Pembina Komunitas Kaki Dian MTB Thrill mengatakan, “Event Down Hill Mountain Bike Thrill Race dibagi menjadi Kelas Junior, Senior dan Veteran. Kelas Junior diikuti oleh 7 peserta, Kelas Elite diikuti oleh 19 peserta, Kelas Master diikuti oleh 12 peserta.

Event Down Hill Mountain Bike Thrill ini akan menjadi event tahunan. Dalam kegiatan ini kita mengikuti aturan semi Down Hill Race dan kita bagi 3 kelas, yaitu kelas Junior, Elite dan Master. Untuk kelas Junior range umurnya dibawah 19 tahun dan untuk kelas Elite range umurnya 20 tahun – 35 Tahun dan range umur 35 keatas, kelas Master. Itu untuk pembagian kelasnya.

Baca juga:  Resmi Dilantik Anggota DPRD Periode 2019 - 2024. Kumaseh : Terima Kasih Tuhan, Terima Kasih Warga Kecamatan Kauditan - Kema

Kemudian, dengan jalur yang sama sepanjang 1,8 km, dengan standar waktu yang tercepat, sudah tercatat rekornya itu 2 menit 5 detik waktu Race tahun lalu dan yang paling lama, waktunya 3 menit.

Tentunya dengan disuport oleh Pemerintah Minut, dengan adanya event-event seperti ini semoga akan menghasilkan rider-rider yang hebat sehingga boleh membawa nama baik Sulawesi Utara di kancah Nasional”, tukas Kolonel Sonny Sumolang, Pembina Komunitas Kaki Dian MTB Thrill.

Salah seorang peserta yang dari luar Minut mengatakan, “Objek Wisata Kaki Dian Minahasa Utara ini merupakan tempat main Mountain Bike (MTB) yang paling ideal. Transportasi loading untuk naik keatas jalur jalan dan lancar, dan jalur lintasannya lengkap dari semua macam jenis rintangan ada, mulai dari pasir, tanah liat, macadam, bebatuan, akar pohon, jalur terbuka, jalur tertutup, hutan juga dan jalur yang sempit juga
untuk rider kita sudah punya tempat yang ideal”, ungkapnya.

Down Hill Mountain Bike Thrill Race dijuarai oleh:

Kelas Junior
1. Jason Tengker / HLT / Langowan
2. Alpinstar / KDX / Tomohon
3. Bryan Runtuwene / RB Racing Team/ Langowan

Kelas Elite
1. Rivalino Kussoy / KDX / Tondano
2. Belzasar Rampengan / KDX / Tomohon
3. Aldrin Kading / KDX / Silian Minsel

Kelas Master
1. Andy Bayu / KDX / Manado
2. Sonni Sumolang / KDX / Manado
3. Kiky Poluan / TC2 / Tondano

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Sekretaris Dinas Olahraga Johan Wewengkang dan Kabid Pemberdayaan Olahraga Minahasa Utara.

(enol)