Sualang Sebut Menjadi Pemimpin Harus Bisa Mendengar Pendapat Orang Lain

Berita Utama, Manado111 Dilihat
dr Richard H.M Sualang

MANADO – Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang mengatakan bahwa, untuk menjadi seorang pemimpin itu harus bisa mendengarkan pendapat orang lain.

Menurutnya, dengan mendengarkan masukan dan pendapat dari orang lain seorang pemimpin itu bisa membuat bawahannya mencapai potensi maksimal dalam dirinya.

Hal tersebut dikatakan Sualang dalam kesempatan menjadi narasumber pada kegiatan Suara Demokrasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema The Integrity Of A Young Leader, di SMP Kristen Eben Haezar 1 Manado, Jumat (19/08/22).

Sualang mengibaratkan seorang pemimpin harus berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Turunannya yaitu, pemimpin harus memahami asal suku, bangsa, etnis, dan agama.

“Ketika torang jadi pemimpin, harus berdasarkan Pancasila, harus bisa mendengar pendapat orang lain, torang juga harus bisa mengetahui kemampuan setiap orang itu berbeda-beda, torang juga harus memahami asal suku, bangsa, etnis dan agama. Ini yang harus torang pahami ketika menjadi pemimpin, itulah demokrasi,” ujar Sualang yang juga menyandang gelar seorang dokter ini.

Baca juga:  Bawaslu Sulut Gelar Rakor Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Sualang menyarankan kepada anak didik, agar bisa menjadi seorang pemimpin yang bisa membawa pengaruh positif dalam likungannya.

“Sesuai tema kali ini, para anak didik ini pasti pernah mendengar bahwa pemimpin itu dilahirkan, ada juga pemimpin itu ditempa. Tapi dari kita menyarankan adik-adik sekalian menjadi diri kalian masing-masing, untuk menjadi pemimpin yang positif,” tukas Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado di hadapan para siswa. (**denny)