Desa Budo Raih Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 Kategori Digital dan Kreatif

Minahasa Utara2,049 views
Kepala Dinas Pariwisata Minut, Femmy Pangkerego Dampingi Bupati Joune Ganda Desa Wisata Budo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, sebagai satu-satunya Desa di Sulawesi Utara yang masuk 50 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022,
Teima Juara 1 Anugrah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 Kategori Digital dan Kreatif.

 

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E., MAP. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H. kembali menorehkan prestasi. Kali ini dibidang pariwisata.

Desa Wisata Budo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, sebagai satu-satunya Desa di Sulawesi Utara yang masuk 50 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, akhirnya berhasil meraih Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 kategori Digital dan Kreatif.

 

Desa Wisata Budo yang identik dengan destinasi wisata hutan mangrove ini sukses meraih juara pertama kategori Digital dan Kreatif.

Pengumuman hasil juara yang diraih Desa Budo berlangsung pada Malam Penganugerahan ADWI 2022 di Jakarta, pada Minggu (30/10/2022) malam.

“Malam Puncak ADWI 2022 ini merupakan penganugerahan kepada desa-desa wisata terpilih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan Desa Wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda.S.E.,M.A.P., mengaku sangat bangga dengan prestasi yang berhasil diraih oleh Desa Wisata Budo dan tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Kemenpraf atas penghargaan tersebut.

“Terima kasih kepada pihak Kemenpraf atas penghargaan ini, juga kepada seluruh masyarakat Minahasa Utara yang sudah mensuport Desa Budo lewat pemberian like dan comment pada akun youtube Kemenpar ADWI 2022.

Penghargaan ini merupakan keberhasilan Pemkab Minut dalam menggenjot sektor pariwisata sehingga bisa dikenal di tingkat nasional maupun internasional.
Ini keberhasilan semua masyarakat Minut”, ungkap Bupati Joune Ganda mengapresiasi.

Sebelumnya, Desa Wisata Budo telah menjalani proses yang panjang sehingga bisa menjadi satu dari 50 Desa wisata se-Indonesia yang menjalani visitasi atau penilaian langsung dari Kemenparekraf RI.
Visitasi Desa Wisata Budo langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Kegiatan Visitasi dan penilaian 50 Besar Desa Wisata ADWI 2022 telah selesai dilaksanakan pada 15 Oktober 2022.

Setelah dilakukannya visitasi, rangkaian berlanjut dengan proses penjurian akhir oleh para Dewan Juri Profesional ADWI 2022 pada pekan ketiga Oktober 2022.

Ada 7 kategori penilaian, yakni  daya tarik, homestay, toilet, suvenir, CHSE, digital dan konten kreatif serta kelembagaan. Selain itu, akan ada pemenang 3 klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang dan maju.

(enol)