oleh

FDW-PYR raih 3 Penghargaan Sekaligusa Untuk Minsel Dalam Festival Iklim 2022 oleh Kementrian LHK

SpeedNews, MINSEL – Bupati Franky Donny Wongkar SH (FDW) mengukir prestasi ditingkat Nasional dengan meraih Penghargaan untuk tingkat Kabupaten/kota yang berhasil mengelola Program Kampung Iklim oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kegiatan tersebut digelar di Gedung Manggala Wanabakti Senayan Jakarta, Jumat (28/10/2022). 

 

Kegiatan tingkat Nasional yang digelar oleh Kementerian Lingkuhan Hidup dan Kehutanan ini begitu mengundang perhatian Khusus bagi masyarakat Minsel. Bagaimana tidak, ajang bergengsi di tingkat Nasional lagi-lagi mengukir Prestasi Gemilang dibawah Kepemimpinan FDW-PYR, dengan menyabet beberapa Penghargaan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri lingkungan hidup dan kehutanan Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar MSc, dan diterima oleh Bupati FDW yang didampingi oleh Plt Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa SE, Kepala DLH Minsel Roy Sumangkut ST. MT, Kabid Christo Lumowa.

 

Adapun prestasi yang diraih oleh Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) adalah dibidang lingkungan hidup terkait program kampung iklim, ini merupakan satu keberhasilan Pemerintah kabupaten Minsel dalam mengelola Program Kampung Iklim (Proklim), maka Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) memberikan penghargaan kepada Kabupaten Minahasa Selatan.

Hal yang lebih membanggakan lagi, bahwa Kabupaten Minsel merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang menerima penghargaan Proklim.

 

Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program berlingkup nasional dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.

 

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim.

Dalam peraturan menteri tersebut juga disinggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

 

Atas pemberian penghargaan ini Bupati FDW sangat bangga dengan apresiasi dari Pemerintah Pusat ini, karna ini adalah hal yang luar biasa, “Kabupaten Minahasa Selatan kali ini berhasil memperoleh penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut ini merupakan satu kebanggan tersendiri,” tutur Bupati FDW

 

Lanjut Bupati FDW mengajak kepada masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa selatan untuk terus berupaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, untuk menjaga dan melestarikannya.

 

Untuk itu Bupati FDW mengarahkan jajaran DLH Minsel untuk mencarikan solusi terhadap persoalan ini yang salah satu solusinya yakni melalui Program Kampung Iklim.

 

Dalam acara Penyerahan Penghargaan tersebut Utk ke 3 kalinya, Kabupaten Minahasa Selatan menerima 3 Penghargaan dari KLHK RI;

– Penghargaan Apresiasi Pembina Proklim 2022;

– Penghargaan Sertifikat Proklim Utama lokasi Desa Rumoong Bawah;

– Penghargaan Sertifikat Proklim Utama lokasi Desa Wawontulap.

 

Vhey