oleh

Panen Jagung Perdana Desa Tumaluntung, Richard Kamagi : Perkuat Ketahanan Pangan

 

Monut – Usai resmi dilantik oleh Bupati Joune Ganda yang disaksikan Gubernur Olly Dondokambey, Hukum Tua Terpilih Desa Tumaluntung Periode 2022-2028, Richard S. Kamagi, S.H. segera melaksanakan sejumlah program kerjanya, salah satunya kegiatan Panen Jagung Perdana, Ketahanan Pangan, Program Dana Desa Tahun Anggaran 2022 Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, pada Jumat, 04 November 2022.

Camat Kauditan, Royke Rampengan S.Pt., M.Si. yang hadir pada Panen Jagung Perdana, Ketahanan Pangan, Program Dana Desa Tahun Anggaran 2022 Desa Tumaluntung, dalam penyampaiannya mengatakan, “Mengapresiasi Pemerintah dan masyarakat Desa Tumaluntung yang berhasil Panen Jagung Perdana, Ketahanan Pangan, Program Dana Desa Tahun Anggaran 2022, yang diharapkan mampu menjadi pendorong penguatan sektor pangan di Kecamatan Kauditan “, ungkap Camat Royke Rampengan mengapresiasi.

 

Lanjut dikatakannya, “Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama. Oleh karenanya sesuai dengan dukungan kebijakan Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022 disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan 20 persen sesuai program pusat. Kebijakan yang ada tersebut, perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi Desa Tumaluntung dengan memanfaatkan lahan Desa dan lahan masyarakat yang ada; dan Dana Desa diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian yang dikembangkan tersebut.

Dengan keberhasilan pada panen raya jagung dengan memanfaatkan lahan yang ada, oleh para petani Desa Tumaluntung, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan dan hendaknya dapat menjadi percontohan dan dapat memotivasi petani kita yang lainnya untuk terus giat melakukan pengembangan pertanian dalam mensukseskan keberlanjutan program ketahanan pangan terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat yang ada di Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan dan Kabupaten Minahasa Utara terlebih dahulu”, ujar Camat Kauditan Royke Rampengan, S.Pt., M.Si.

Hukum Tua Richard S. Kamagi, S.H. mengatakan, “Pemerintah Desa Tumaluntung telah mengalokasikan anggaran untuk pemberdayaan masyarakat Desa untuk Program Ketahanan Pangan dan memberdayakan dan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami jagung.

Keberhasilan Panen Jagung program ketahanan pangan, Panen Jagung Perdana ini dengan dukungan seluruh pihak terkait serta juga pengawasan pada penggunaan alokasi Dana Desa untuk memperkuat kemampuan lokalitas pangan desa. Selain itu kami komitmen untuk terus melakukan pengawalan dan pembangunan bidang pertanian, dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas komoditas unggulan.

Dengan tersedianya ragam potensi pertanian dan perkebunan, kita bersama mau bergerak dan meningkatkan sinergitas agar kemampuan yang kita miliki bisa menjadi salah upaya penguatan khususnya sektor pertanian dan perkebunan.

Kami Pemerintah dan masyarakat para petani, akan terus giat dan sungguh-sungguh, serta tekun dalam melakukan beragam giat pertanian yang mana di anggap memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan, sesuai tujuan kita bersama yaitu untuk pemenuhan kebutuhan serta ketahanan pangan selain melalui potensi pangan yang ada di Desa Tumaluntung sendiri, juga kita memperhatikan kualitas SDM untuk mendukung, mendorong terwujudnya program-program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E., MAP. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H. dalam mewujudkan Kabupaten Minahasa Utara lebih hebat, yang berubah menjadi lebih maju, lebih sejahtera, berdasarkan iman dan gotong royong”, ujar Hukum Tua Richard Kamagi.

(enol)