oleh

Raih 99 Medali Emas, Kota Manado Juara Umum Porprov XI Sulut

(Foto: ist)

MANADO – Kontingen Kota Manado untuk ketiga kalinya menjadi juara umum Porprov.Tahun 2022 ini kontingen Kota Manado ikut berlaga di 31 cabang olahraga.

Kota Manado berhak menjadi juara umum setelah berhasil mengumpulkan 99 medali emas, 64 perak, dan 67 perunggu.

Peringkat kedua adalah kontingen Minahasa Utara dengan capaian 44 medali emas, 50 perak, dan 65 perunggu. Ditempat ketiga, tuan rumah Bolmong 34 medali emas, 26 perak dan 46 perunggu.

Diketahui, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Sulawesi Utara (Sulut) di Bolaang Mongondow dan Kotamobagu, 14-21 November 2022, berakhir dengan sukses dan ditutup oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw yang juga Ketua KONI Sulut di halaman Kantor Bupati Bolmong, Senin (21/11/22) sore.

“Puji syukur, tahun ini Porprov XI berjalan lancar, sampai jumpa di Porprov tahun 2024 di Kota Manado,” kata Kandouw.

Ketua Umum KONI Sulut ini mengatakan prestasi atlet di Porprov menjadi bagian dari persiapan menghadapi pra kualifiasi PON tahun depan. Porprov menjadi ajang pemanasan sekaligus motivasi bagi semua pembinaan olahraga di kabupaten/kota.

Sementara itu, Ketua KONI Manado Rio Dondokambey melalui Ketua Harian KONI Tony Rawung mengucapkan selamat bagi seluruh atlet dan berterima kasih bagi Pemerintah Manado.

“Terima kasih Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang yang 100% mendukung dan mengerahkan seluruh elemen Pemerintah Kota Manado untuk mensupport semua atlet yang bertanding di Porprov, tentunya ini sangat membantu dalam pencapaian juara umum, bukti AARS sangat perhatian akan pembangunan olahraga di kota Manado,” ujar Tony Rawung.

Lanjut, dirinya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kota Manado akan menjadi tuan rumah Porprov XII di 2024 nanti.

“Akan kita persiapkan lebih baik untuk Porprov di Kota Manado. Untuk hasil Manado meningkat lalu hanya 70-an emas sekarang hampir 100, perak lalu 40-an sekarang 60-an, jadi Manado juara umum dan perolehan medali bertambah, ini juga berkat kerja keras dari seluruh cabor,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang menyebut dengan juara umum, bukti Manado jadi pusat pembinaan olahraga.

“Ini membuktikan bahwa Kota Manado masih merupakan sentra pembinaan Olahraga di Sulut, semoga juara umum ini menambah semangat masyarakat kota manado untuk membangun kota,” ujar Wawali Richard Sualang sembari mengucapkan selamat dari Pemerintah Manado dan Walikota Andrei Angouw. (**denny)