Sinergitas Pemkab Minsel dan TNI-AD pada TMMD Ke-115 di Desa Tondey

SpeedNews, MINSEL – Bupati Franky Donny Wongkar (FDW)  mengikuti Upacara Penutupan Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-115 bertempat di Lapangan Nusa Indah di Desa Tondey Kecamatan Motoling Barat, Rabu (09/11/2022)

 

Pada hari ini Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) melaksanakan Upacara Penutupan Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-115 dengan tempat pelaksanaan di Lapangan Nusa Indah Desa Tondey Kec. Motoling Barat.

 

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar mengapresiasi giat TNI-AD ini “selaku Pemerintah dan masyarakat Minahasa Selatan Khususnya Desa Tondey Raya Kec. Motoling Barat mengapresiasi dan berterima kasih pada pihak TNI-AD lebih khusus pak KasRem,pak DanDim, pak PangDam, pak DanRem yang telah bekerja untuk kepentingan dan kebutuhan rakyat di Desa Tondey Raya ini.” tutur Bupati FDW

“Dan dengan adanya pembangunan peningkatan jalan ini, khususnya perkerasan , maka akses dari Tondey ke Pelita dusun jauh itu, itu boleh terjadi dan kemudian bisa dilalui dengan baik oleh masyarakat, dan tentunya juga dari aspek ekonomi mobilisasi hasil Pertanian itu lebih cepat dan lebih murah. Sehingga hasil-hasil pertanian dari dusun jauh pelita ini datang ke Tondey atau k Amurang akan lebih cepat dan biayanya lebih murah”. tambah Bupati lagi

Baca juga:  Walikota Hadiri Rakor Pembahasan Pemetaan Bidang Tanah

 

“Dan tentunya dengan adanya peningkatan pembangunan perkerasan jalan ini kami juga harus menindak lanjuti yaitu dengan peningkatan pembangunan jalan yaitu bisa pengaspalan jalan di masa depan”. Jelas Bupati yang turut di iyakan oleh Wabup PYR

Bupati FDW dan Wabup PYR mengapresiasi kegiatan TNI-AD ini serta  berterima kasih bahkan akan turut serta dalam menindak lanjuti peningkatan pembangunan infrastruktur daerah dalam hal ini pengaspalan jalan untuk kedepan nya, agar masyarakat menuju sejahtera.

 

Dengan adanya program dari TNI-AD merupakan salah satu program pendukung yang masuk dalam Visi dan Misi dari Pemerintahan FDW-PYR. Dengan harapan tetap ada Sinergitas antara Pemerintah serta TNI.

 

Selanjutnya selaku Inspektur Upacara (irup) KasRem 131/Santiago Kol. Inf. Hengky Yuda Setiawan memaparkan “pada dasarnya TNI Angkatan Darat dlm hal ini Bapak Kepala Staff Angkatan Darat, Pelaksanaan Program TMMD dalam satu Tahun itu dilaksanakan 2 kali. Dan hari ini yang ke 115 itu jatuh di Desa Tondey 3 Minahasa Selatan. Intinya dari kita adalah bahwa TNI-AD itu hadir ditengah2 masyarakat, artinya keberadaan kami bermanfaat untuk masyarakat. Dan ini sungguh luar biasa hari ini.”

Baca juga:  Sah, 347 Capas Kota Manado Lulus Seleksi Administrasi

 

Hengky juga mejelaskan bahwa TMMD adalah sebuah wujud kolaborasi antara TNI-AD dan Pemerintah Daerah. Karena tidak mungkin TNI akan bisa berjalan sendiri tanpa ada kolaborasi dan dukungan dari Pemerintah Daerah serta Stakeholder yang termasuk juga masyarakat. Mudah2an apa yg di lakukan TNI-AD bermanfaat. Dan juga kedepannya lebih baik lagi untuk masyarakat. Intinya disini TNI hadir untuk masyarakat.

Dengan adanya Program-program dari TNI-AD, kiranya dapat benar-benar membantu masyarakat NKRI pada Umumnya, lebih khusus masyarakat Sulawesi Utara terbantu serta dapat diaplikasikan oleh masyarakat itu sendiri untuk pembangunan desa-desa setempat dalam berbagai sektor.

 

Upacara ini Turut dihadiri oleh unsur FORKOPIMDA, Wakil Bupati Minsel Petra Yani Rembang (PYR), DanDim 1302/ Minahasa Letkol inf. Ircham Effendy, Kapolres AKBP C. Bambang Harleyanto SIK, Kapolsek Tompaso Baru, Kapolsek Ranoyapo, Kapolsek Motoling, Camat Motoling, Camat Motoling Barat, Camat Ranoyapo, Kadis PU serta masyarakat Desa Setempat.

 

Trivena Titjo