DPD Badan Advokasi Indonesia Sulut Resmi Dibentuk

SpeedNews, MINSEL – Berkenaan dengan Hari Anti Korupsi sedunia, salah satu wadah Perkumpulan yang siap mengawal setiap kepentingan Masyarakat untuk memberikan bantuan hukum kepada klien atau partner kerja agar bisa mencapai layanan yang maksimal telah dibentuk di wilayah Sulawesi Utara pada Hari , Jumat (09/12/2022)

 

Tepat pada hari Anti Korupsi Sedunia (09/12), Dengan mengacu pada Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham – RI) nomor 0013209 AH.01.07 Tahun 2017 Maka telah dibentuk suatu Perkumpulan di Wilayah Sulawesi Utara dengan Nama Badan Advokasi Indonesia (BAI) untuk Dewan Pimpinan Daerah Sulawesi Utara (DPD Sulut). Dengan agenda Pembentukan Struktur Kepemimpinan, Penyematan Pin dan Pembagian Kartu Anggota serta pembahasan AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) serta Progress selanjutnya.

 

Adapun Maksud dan Tujuan Tim Advokasi ini dibentuk juga bisa memberikan ekspansi terhadap layanan yang dimaksud agar semakin banyak lagi orang yang bisa terwadahi. Dengan Motto “Tegakkan Keadilan dan Kebenaran , untuk Kepentingan Masyarakat demi Keutuhan NKRI , Maka dibentuklah Badan Advokasi Indonesia ( BAI ) Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) Sulawesi Utara ( Sulut ) Komite Strategis Penegakan Hukum dan HAM – RI.

 

Dengan diangkatnya Ketua BAI DPD Sulawesi Utara Meldy Herman Kapahang disela Pembahasan menyatakan Saat ini BAI Sulut sudah Resmi dan selanjutnya akan ada tindak lanjut dengan berkoordinasi dengan Pemerintah serta instansi terkait sebagai tanda legalitas.

“Pengesahan BAI DPD Sulut saat ini ditandai dengan Penyematan Pin dan ID Card ke Pengurus yang sudah terbentuk dan momentum hari ini adalah Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2022 ini ” jelas Kapahang

 

Lanjut Ketua BAI DPD Sulut “diharapkan bagi Kepengurusan yang sudah terbentuk akan dapat melaksakan tugas dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab dan saling bersinergi”.

 

Dalam pertemuan tersebut salah satu Pengurus DPP BAI Bidang Investigasi BAI Publik Center ,Titin Soni saat menyaksikan Penyematan Pin dan ID Card (Via Zoom Meeting) menyatakan Bangga atas Kepengurusan DPD Sulut yang Kompak melihat kegiatan hari ini dari DPP mengharapkan BAI Sulut akan siap bekerja nantinya.

 

” Saya lihat Kepengurusan ini Kompak dan Sudah siap Bekerja bagi Masyarakat Sulut , dan semua harus saling Kordinasi dalam melakukan tugas untuk Kepentingan Masyarakat demi Keutuhan NKRI ” ucap Kabid Investigasi

 

Lanjut Titin disela Pembekalan Pengurus menyatakan BAI mempunyai Tugas yaitu Tegakkan Keadilan dan kebenaran memang tidak ringan dan intinya semua Pengurus harus saling berkordinasi jika ada sesuatu temuan di lapangan maka semua kerja tim karena tidak ada kerja Superman tapi harus Supertim.

 

Perlu diketahui juga bahwa BAI memiliki Kapasitas Yudikatif yang dalam hal ini mempunyai sifat Yuridis yang berfungsi untuk mengadili penyelewengan Konstitusi dan peraturan perundang-undangan oleh institusi pemerintahan.

 

Hadir dalam Penyematan ini selain Ketua DPD Sulut Meldy Herman Kapahang, Wakil Ketua Stev Buntuang, Kabid OKK Royke Daliput , Kabid Investigasi Trivena Titjo, Kabid Kominfo Vandy Talumepa dan Pengurus DPP via Zoom Meeting

(Vhey/*)