oleh

Dukung Kelestarian Budaya Lokal, PemKab Minut Serahkan Alat Musik Tradisional Kolintang kepada PemDes Talawaan

Camat Talawaan Serahkan Bantuan Alat Musik Tradisional 1 Set Kolintang di Desa Talawaan

 

Minut – Dukung kelestarian budaya lokal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung SH MH memberikan bantuan Hibah berupa1 Set Alat musik Tradisional Kolintang dan 2 Set Baju Kolintang.

Penyerahan 1 Set Kolintang dan 2 set Baju Kolintang diserahkan Camat Talawaan Alexander Warbung dan diterima langsung oleh Hukum Tua Desa Talawaan Recky Sumampouw dan Ketua BPD, disela-sela kegiatan Musrenbang Desa, yang dilaksanakan di Kantor Hukum Tua Desa Talawaan Kecamatan Talawaan, pada Selasa, 24 Januari 2024.

Usai menyerahkan 1 Set Kolintang dan 2 Set Baju Kolintang, Camat Talawaan mengatakan, “Kiranya bantuan ini dapat di manfaatkan dan dirawat dengan sebaik mungkin, bantuan Kolintang ini merupakan pembangunan adat Budaya. Dengan kemajuan teknologi sekarang banyak anak muda yang meninggalkan tradisi adat budaya sehingga hanya sedikit yang mencintai adat kebudayaan.

Seni budaya merupakan ciri khas dan identitas suatu daerah yang harus dibudayakan. Jika tidak dilestarikan dan tidak dijaga, maka seni budaya itu akan hilang dan mungkin bisa di ambil oleh daerah lain atau bahkan negara lain. Alat musik kolintang ini tidak akan dirasakan manfaatnya apabila tidak di lestarikan dan diperkenalkan kepada generasi anak cucu kita”, tutur Camat Talawaan Alexander Warbung.

Di kesempatan yang sama Hukum Tua Desa Talawaan Recky Sumampouw usai menerima bantuan mengatakan, “Berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakli Bupati Kevin W Lotulung yang sudah memperhatikan Desa Talawaan, dengan memberikan bantuan alat musik 1 Set Kolintang dan 2 Set Baju Kolintang untuk mendukung dan menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata juga mengangkat dan melestarikan adat budaya yang ada di Kabupaten Minahasa Utara yang kita cintai ini, memajukan pariwisata Minut”, ujar Hukum Tua Recky Sumampouw mengapresiasi.

Lanjut dikatakannya, “Tentunya bantuan alat musik tradisional Kolintang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk pengembangan diri dan peningkatan ekonomi, ketika ke depan Desa Talawaan sebagai desa penunjang pariwisata sudah ramai dikunjungi wisatawan akan mendapatkan manfaat ekonomi yang tinggi. Kami masyarakat tetap bersatu, tetap bahu membahu mengembangkan desa Talawaan menjadi lebih maju lagi”, ungkap Hukum Tua Recky Sumampouw antusias

(enol)