oleh

Musrenbang Desa Tumbohon Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

Hukum Tua Desa Tumbohon Denny Sumampouw Membuka Kegiatan Musrenbang

 

Minut – Pemerintah Desa Tumbohon, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Hukum Tua Denny Sumampouw menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Desa Tumbohon Tahun 2024, yang dilaksanakan di Kantor Desa Tumbohon Kecamatan Talawaan, pada Selasa, 24 Januari 2023.

Musrenbang Tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Hukum Tua Desa Tumbohon Denny Sumampaouw dan dipandu oleh Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Johan Sumampouw, di hadiri oleh Sekretaris Kecamatan Rorimpandey Indi, S.E. dan Kepala Bidang Bapelitbang Noula Wenas dan Perencana Fungsional, Peggy Paruntu.

 

Sekretaris Camat Talawaan Rorimpandey Indi mewakili Camat Talawaan dalam penyampaiannya mengatakan, “Kehadiran kami disini hanya mengawasi jalannya Musrenbang dan tidak mengintervensi jalannya Musrenbang. Musrenbang ini sesuai dengan amanat Undang-undang No.5 Tahun 2004.
Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan, tentang perencanaan Desa yang bisa singkron dengan perencanaan Pemerintah Daerah, ada 10 prioritas Pembangunan Tahun 2024 yaitu Pembangunan Infrastruktur, Penanggulangan Kemiskinan, Pembangunan Pertanian, Optimalisasi Daya Saing Perekonomian Daerah, Peningkatan Daya Saing Perekonomian Daerah, Peningkatan Daya Saing Investasi Daerah, Bumi Revolusi Mental, Mensukseskan Pesta Demokrasi, Peningkatkan Kesejahteraan Rohaniawan dan Jaminan Keamanan Ketertiban terkendali”, ujar Sekretaris Kecamatan Rorimpandey Indi, S.E.

 

Lanjut dikatakannya, “Untuk perencanaan Tahun 2024 sudah menggunakan Sistim Informasi Pembangunan Daerah Republik Indonesua (SIPD-RI), jadi apa yang menjadi usulan-usukan dari Desa Tumbohon, usulan yang menjadi Skala Prioritas sinkron dengan rencana Pembangunan Daerah Tahun 2024 dan konek dengan SIPD RI sehingga otomatis akan keluar di masing masing OPD terkait”, jelas Sekretaris Kecamatan Rorimpandey Indi, S.E. .

“Berdasarkan Undang-undang No.25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, maka setiap tahun dilaksanakan rencana pembangunan yang dimulai dari Desa, setelah itu diprioritaskan di Musrenbang Kecamatan, lalu dimusyawarah Kabupaten Provinsi dan Nasional. Mulai tahun ini, sistem perencanaan sudah terkonek dan harus masuk pada SIPD RI Sistem Demokrasi Pembangunan Republik Indonesia. Jadi, sistem ini harus diisi dan akan terkonek pada kamus prioritas usulan OPD”, tambahnya.

Hukum Tua Desa Tumbohon, Denny Sumampouw mengatakan, “Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Tumbohon Tahun Anggaran 2024 ini dalam rangka memaksimalkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tumbohon.

Berharap apa yang menjadi usulan dari Desa Tumbohon dapat diperhatikan dan di setujui dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, sampai tingkat Pusat, sehingga pembangunan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, khususnya pembangunan di Desa Tumbohon semakin maju, untuk kesejahteraan masyarakat, menuju Minut lebih Hebat, sesuai dengan apa yang menjadi program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E., MAP., M.Si. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H.”, ujar Hukum Tua Denny Sumampouw.

Adapun sejumlah usulan prioritas masyarakat dalam Musrenbang Desa Tumbohon untuk dana APBD/APBN tahun 2004 di Bidang Fispra yaitu pengaspalan jalan pariwisata, drainase sepanjang jalan desa, pembangunan jalan dan jembatan Tumbohon ke Winetin, rehab jembatan jalan Tumbohon-Patokaan dan perintisan jalan doud pasu. Dibidang ekonomi yaitu bantuan ternak sapi, babi dan budidaya ikan air tawar, bantuan UKM dan bantuan alat pertanian (alsinta). Dibidang sosial budaya yaitu pengadaan/perluasaan lahan perkuburan dan bantuan sound sistem untuk gereja dan dibidang pemerintahan yaitu pembangunan balai desa dan tunjangan linmas.

Musrenbang Desa Tumbohon Tahun 2024 dihadiri juga oleh Sekretaris Desa Deiby Maidangkai, Bendahara Desa Aril Wuisan Perangkat-perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan perwakilan masyarakat.

(enol)