oleh

Peningkatan Akses Jalan Pariwisata, Usulan Prioritas Musrenbang Desa Talawaan

 

Hukum Tua Desa Talawaan Recky Sumampouw Buka Kegiatan MUSRENBANG Desa

Minut – Pemerintah Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara di bawah Kepemimpinan Hukum Tua Recky Sumampouw menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Talawaan Tahun 2024, yang diselenggarakan di kantor Hukum Tua Desa Talawaan, pada Selasa, 24 Januari 2023

Musrenbang dibuka langsung oleh Hukum Tua Desa Talawaan Recky Sumampouw didampingi Ketua TP PKK Desa Talawaan Renny Makalauw, dan dipandu oleh Ketua BPD Veni F.X Kompo, S.H.

 

Camat Talawaan Alexander Warbung dalam sambutannya mengatakan, “Rencana Pembangunan Nasional, setelah adanya undang-undang, setiap tahun dilaksanakan Musrenbang. Semua perencanaan yang ada di peraturan Negara ini selalu dimulai dari bawah ke atas, hanya tergantung pemerintah pusat saja. Perencanaan itu dimulai tingkatan paling bawah, dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, lalu Nasional sehingga tentunya lewat Musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini di Desa Talawaan, yang dihadiri stake holder yang ada, Hukum Tua dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada, mengusulkan hal yang sangat penting untuk pembangunan yang akan dilaksanakan di Desa Talawaan pada tahun 2024. Kalau berbicara pergerakan, pergerakan dimulai ketika Kabupaten APBD Provinsi penganggaran, tentunya dengan melihat mana usulan pembangunan yang menjadi prioritas”, ujar Camat Talawaan Alexander Warbung.

 

Lanjut dikatakannya, “Program Pemerintah Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat, di Desa Talawaan berkurang 25 persen banyaknya Keluarga Penerima Manfaat. Selama 6 tahun kedepan kepemimpinan Hukum Tua agar didukung oleh perangkat-perangkat Desa dan Ketua TP PKK juga masyarakat agar tercapai kemajuan pembangunan, terlebih khusus Pembangunan di Desa Talawaan.

Melalui Musrenbang ini semoga dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan Desa. Sebagai Desa yang terus berkembang, pelaksanaan Musrenbang ini sangat penting dalam meningkatkan pembangunan. Musrenbang sebagai forum untuk perencanaan pembangunan dari masyarakat dengan Pemerintah agar Desa Talawaan ini terus berkembang dari segi pembangunan”, ujar Camat Talawaan Alexander Warbung.

Hukum Tua Desa Talawaan Recky Sumampouw dalam penyampaiannya mengatakan, “Lewat kebersamaan ini, kita duduk bersama untuk membicarakan program-program untuk pembangunan Desa Tahun 2024 satu tahun berjalan, membicarakan apa usulan yang menjadi paling prioritas dalam pembangunan pada tahun 2024 berjalan.

Mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah peduli terhadap Desa yang kita cintai ini, sudah hadir dan telah menyampaikan usulan-usulan untuk kebaikan dan kemajuan, juga untuk kesejahteraan masyarakat. Tentunya lewat Musrenbang Desa apa yang menjadi usulan dari masyarakat ini semoga bisa terealisasi, sehingga dampak pembangunan benar-benar dirasakan masyarakat Desa Talawaan dan yang menjadi usulan kami tentunya sinkron dengan program pemerintah untuk memajukan dunia Pariwisata dan sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung untuk mewujudkan Minut hebat, ”, ujar Hukum Tua Recky Sumampouw.

Adapun sejumlah usulan prioritas masyarakat dalam Musrenbang Desa Talawaan untuk dana APBD/APBN tahun 2024 adalah Peningkatan Akses Jalan Pariwisata, Pembuatan Jalan Lingkar Persawahan, Pengaspalan Jalan Desa, Perbaikan Jalan Wisata Air Terjun Tunan, Pembuatan Bronjong di Das Talawaan, Pembuatan PLAT dan Drainase Pintu Masuk Jalan ke tempat Wisata dan Lanjutan Pembuatan Jalan Persawahan.

Musrenbang dihadiri juga oleh Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Perwakilan dari Masyarakat.

(enol)