oleh

Raimuna Cabang Kota Manado Resmi Dibuka

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Plt Kadis Pora Kota Manado Pontohwuisang saat menyematkan tanda peserta (Foto: speednews)

MANADO – Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Plt Kadis Pora Kota Manado Pontohwuisang Kakauhe secara resmi membuka Raimuna Cabang Kota Manado yang digelar di Kompleks Stadion Klabat, Senin (23/01/23).

Pontohwuisang Kakauhe saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan dalam rangka peningkatan pembinaan generasi muda, dalam hal pengetahuan bidang keterampilan khususnya kepada peserta didik yaitu para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, perlu diselenggarakan Raimuna Cabang (Raicab) Cabang Kota Manado yang menarik sesuai dengan tingkatan usia peserta didik.

Lagi kata Pontowuisang, Raimuna cabang ini sangat luarbiasa anak-anak yang berprestasi yang menolkan seluruh inisiatif dan gagasan untuk suatu tujuan yang mulia dan besar yakni generasi muda harapan bangsa di 10, 15, atau 20 tahun yang akan datang.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Plt Kadis Pora Kota Manado Pontohwuisang saat menyampaikan sambutan (Foto: speednews)

“Raimuna Cabang ini digelar setiap 2 tahun sekali, sedemikian panjang rentang waktu yang digunakan untukĀ  mengasah ketrampilan mendidik anak-anak menjadi generasi yang berdikari oleh karena ini pesan saya untuk adik-adik pramuka manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini. Waktu yang disebut tadi bukan saja lama tapi mahal harganya dan perlu penelusuran yang panjang untuk menyatakan siapa pramuka itu sesungguhnya,” jelas Kakauhe.

Untuk itu Kakauhe berharap agar para peserta dapat memanfaatkan waktu karena kegiatan ini juga bersifat rekreasi serta mengandung unsur pendidikan, dan Raicab ini digelar ditengah-tengah kelompok masyarakat.

“Sore ini saya menantang adik-adik pramuka bagaimna membangun relasi sehingga selesai pelaksanaan ini masyarakat yang ada disekitar lokasi Raimuna bisa bilang anak-anak pramuka memang anak-anak yang hebat dan berkualitas, dan yang kita hindari usai kegiatan ini adalah ucapan masyarakat yang mengatakan anak-anak pramuka ini datang mengganggu buat kotor. Untuk itu hindari ini karena ketika kita mengunakan identitas pramuka bukan persoalan jati diri semata tetapi ada narasi oragnisai yang kita bawa, mudah-mudahan bisa dimengerti,” tandasnya.

foto bersama

“Saya berharap semua personil yang mengikuti kegiatan ini menikmnati kegiatan ini dan tidak ada yang terpaksa dan tidak ada karena tekanan mengikuti kegiatan ini,” tutup Kakauhe.

Diketahui, Raimuna Cabang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Raimuna Cabang diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting yang terdapat dalam wilayah Kwartir Cabang (kota) tersebut.

Untuk kegiatan Raicab Kota Manado diikuti oleh 144 peserta utusan dari beberapa sekolah dan akan digelar selama 5 hari mulai senin-Jumat.

Tampak hadir mewakili pembina Kwartir daerah, mewakil Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulut Dra Rinny Mamahit, Senior Yosua Pangkerego, Pembina Pramuka Saka Bahari yang dikoordanisi Danlantamal VII Manado, Pembina Pramuka Saka Bhayangkara Kota Manado dibawa koordinasi Kapolresta Kota Manado, Ketua Badan Pembina Idiologi Pancasila Jefry Kaawoan serta Staff khusus Wali Kota Manado bidang media Steven Rondonuwu. (denny)