Tahun 2022 PD Pasar Manado Hasilkan Laba Bersih 10 Miliar

Berita Utama, Manado56 Dilihat
Dirut PD Pasar Kota Manado Lucky Senduk kiri (Foto: speednews)

MANADO – Pembenahan besar-besar di PD Pasar Manado akhirnya membuahkan hasil. Dirut PD Pasar Kota Manado Lucky Senduk mengatakan tahun 2022 PD Pasar Kota Manado menghasilkan laba sebesar 10 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan Senduk kepada sejumlah wartawan disela-sela kunjungan Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Kementerian PUPR, Ir. Bob Arthur Lombogia, M.Si  melihat kondisi tanggul yang ada di Bantaran muara pelabuhan Manado kompleks Pasar Bersehati, Senin (30/01/23).

Lagi kata Senduk, dari laba tersebut ketentuannya ada untuk PAD, Jasa Produksi, Modal untuk disimpan serta ada juga Tantim dan Sosial. Dan untuk tahun 2023 nanti keseluruhan laba 40 Persen dari 10 Miliar sekitar 4 Miliar ditambah dengan pajak parkir sekitar 3 Miliar. Jadi sekitar 7 miliar kontribusi PD Pasar ke Pemkot Manado untuk tahun 2023.

Baca juga:  Kuncikan dan Hut Minsel Ke -16 Besok Hari, Ini Pesan Bupati CEP

“Kalau untuk penyetorannya kalau laba itu nanti akhir tahun sedangkan untuk pajak parkir setiap bulan disetor dengan rincian 30 Persen dari pendapatan pajak parkir sekitar 200 juta. Jadi untuk Januari punya per 1 Februari nanti sudah akan disetor ke Bapenda Pemkot Manado,” terang Senduk.

Dulu saat kami baru masuk  untuk pendapatan parkir hanya11 juta per hari dan tidak bayar pajak kalau sekarang 25-30 juta per hari dan yang pertamakeuntunganya dengan pengelola parkir pajak langsung di setor lewat PD Pasar dan yang kedua sistem, intinya yang maintenence dari pengelola parkir tapi karyawannya dari PD Pasar.

“RKAnya terkait dengan yang 10 Miliar itu adalah laba bersih, nanti dari laba bersih itu baru disetor PAD dan sisanya sudah kami tanyakan melalui surat ke pak wali, kata pak wali setiap bulankan sudah dapat jadi sudah bisa dibuatkan pembagian sehingga yang setiap bulan punya setoran yang lebih sudah bisa dibayarkan utang BPJS, bayar Pesangon, bayar kalau ada rehab kecil-kecilan,” terang Senduk.

Baca juga:  Saerang Dipercayakan Nahkodai Tim Futsal APM

Diketahui,sebelumnya saat konferensi pers awal tahun beberapa hari lalu, Walikota Manado Andrei Angouw, memberikan apresiasi atas kinerja yang sudah diberikan oleh para Direksi serta karyawan di PD Pasar Manado yang telah mampu meraih laba bersih sebesar Rp 10 Miliar.

” PD Pasar Manado, pak Lucky Senduk mampu meraih labah sebesar Rp 10 Miliar ditahun 2022,” pungkas Andrei disela-sela konferensi pers awal tahun. (denny)