Ointoe: Sesuai Tahapan, Jadwal Coklit Dimulai 12 Februari 2023

Komisioner KPU Sulut Lanny Ointoe saat menjelaskan terkait tahapan Pemilu 2024 (Foto: speednews)

MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut sudah mulai akan melakukan Pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk pemuktahiran data pemilih Pemilu Tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Sulut Lanny Ointoe dan Amrain Razak saat Media Gathering disalahsatu Cafe di Pusat Kota Manado, Rabu (1/2/23).

Kata Ointoe, pelaksanaan coklit ini akan berlangsung selama lebih kurang satu bulan. Sesuai tahapan jadwal coklit dimulai pada 12 Februari 2023 dan berakhir pada 14 Maret 2023. Untuk kegiatan coklit serentak secara Nasional dimulai lebih cepat.

“11 Februari itu coklit serentak secara Nasional dan pada 12 Februari baru dimulai jadwal coklit,” ujar Komisioner KPU Sulut Lanny Ointoe dan Amrain Razak .

Baca juga:  3 Nama Muncul Dalam Penetapan Tersangka Oleh Kejari Minsel, Dugaan Kasus Korupsi Dana Siap Bencana

Lagi kata Ointoe untuk Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) saat ini sudah sementara dilakukan seleksi dan pada 3 Februari 2023 akan diumumkan.

“Jumat ini hasil seleksi untuk petugas Pantarlih akan diumumkan, dan tanggal 6 Februari baru dijadwalkan pelantikan,” katanya.

Tugas mereka lanjut Ointoe untuk melakukan coklit terhadap pemilih sebagai data pada Pemilu 2024 mendatang. “Tugas mereka nanti turun kelapangan mengecek, mensinkronkan data sebelumnya dengan keadaan lapangan. Kan ada pemilih yang sudah meninggal, pindah datang, serta anak sekolah yang berusia 17 tahun itu sudah bisa masuk data pemilih,” katanya.

Perlu diketahui kata Ointoe, mereka hanya akan meminta KTP warga, untuk disesuaikan dengan data pemilih di buku kerja para Pantarlih untuk itu mohon agar bapak ibu bisa menerima para petugas Pantarlih dengan baik, jangan diusir atau dihambat.

Baca juga:  Dua Lagu dari Wawali WL Meriahkan Peringatan HMN 2021

“Yang pasti tentunya mereka pasti akan datang dengan memakai atribut lengkap, seperti id card, Jacket, dan perlengkapan lainnya,” jelasnya. (denny)