Upacara Adat Tulude, Arlens Pungus : Lestarikan Budaya

Minahasa Utara103 Dilihat

 

Anggota DPRD Minut Arlens Pungus

 

Minut – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Arlens Pungus menghadiri Upacara Adat Tulude yang di laksanakan oleh Desa Paputungan, Kecamatan Likupang Barat (Lik-Bar) pada Selasa, 01 Februari 2023.

“Mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Desa Paputungan yang menggelar Pesta Rakyat Upacara Adat Tulude. Tulude merupakan upacara adat tahunan yang diwariskan para leluhur masyarakat Nusa Utara (Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro). Pemerintah menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Upacara Adat Tulude. Dibutuhkan kerja extra, kerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah sampai Pemerinrah Pusat, harus banyak-banyak di promosikan agar Tulude lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas”, ujar Angota DPRD Arlens Pungus.

Baca juga:  Bupati Joune Ganda Pimpin Rakornev Penanganan Bencana

“Upacara Adat Tulude ini merupakan upacara syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, atas perlindungan, berkat dan kasih sayang Tuhan selama setahun. Pelaksanaan Upacara Adat Tulude merupakan salah satu upaya dalam rangka melestarikan budaya dan masih banyak lagi budaya-budaya yang perlu di angkat seperti Tarian Masamper dan alat musik tradisional Keroncong Mama.

Untuk itu, mengajak perusahaan-perusahaan yang ada di Desa Paputungan untuk dapat ikut serta melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan khas daerah kita ini dengan menampilkan atraksi kebudayaan daerah ini pada event-event yang diselenggarakan perusahaan atau bahkan menjadi sajian budaya rutin khas perusahaan tersebut, misalnya Tarian Masamper dan alat musik tradisional Keroncong Mama”, tandasnya.

Baca juga:  BPJN Sulawesi Utara Kebut Pengerjaan Jalan Nasional Jelang Arus Mudik Lebaran

“Pesta Rakyat Upacara Adat Tulude ini bukan saja seremonial dalam melaksanakan syukuran, tapi juga untuk melestarikan budaya dan percaya Tulude akan membawa damai. Kiranya damai kita hari ini, besok dan seterusnya akan menjadi kebahagiaan bagi masyarakat Desa Paputungan”, ujar Angota DPRD Arlens Pungus.

(enol)