Joune Ganda Berhasil Raih Gelar Magister Sains Universitas Indonesia

Minahasa Utara135 Dilihat

Minut – Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda berhasil meraih gelar Magister Sains (M.Si) dari Universitas Indonesia, kelulusan dengan IPK 3,83 Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, dan telah resmi diwisuda di aula UI Depok Jakarta Selatan, pada Jumat, 10 Maret 2023.

Dengan judul Tesis Kajian Potensi Kabupaten Minahasa Utara pada Pengembangan dan Pembangunan Kawasan Metropolitan BIMINDO (Bitung, Minahasa & Manado), Joune Ganda berhasil meyakinkan tim penguji atas materi penelitiannya.

Dalam tesisnya, Joune Ganda antara lain membedah terkait akses transportasi, jalan tol, termasuk potensi kemacetan lalu lintas yang harus diantisipasi. Juga persoalan infrastruktur dan tata ruang yang benar-benar dikaji mendalam.
“Minahasa Utara adalah kawasan potensial pada Strategi Pengembangan dan Pembangunan Kawasan Metropolitan BIMINDO, Kabupaten Minahasa Utara memiliki potensi yang berdampak besar pada pengembangan dan pembangunan Kawasan Metropolitan BIMINDO, yang dinilai dari perannya sebagai kawasan pendukung yang strategis diantara dua kota inti Manado dan Bitung, akses langsung antar kota dan kawasan, sumber daya manusia bagi dua kota inti Manado dan Bitung, potensi kawasan industri, potensi sumber daya pertanian, serta Kawasan Ekonomi Khusus dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang”, ujar Bupati Joune Ganda.

Baca juga:  Bupati Joune Ganda Targetkan Angka Stunting 2024 Minut 1 Digit

Lanjut dikatakannya, “Kawasan Metropolitan BIMINDO telah ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN) dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 13 Tahun 2017 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dengan nilai strategis akses internasional, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) nasional dan internasional, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan industri yang menjadi barometer ekonomi kawasan perkotaan Indonesia timur.

Pengembangan dan pembangunan Kawasan Metropolitan BIMINDO yang terdiri dari dua kota inti Kota Manado, Bitung serta kawasan penunjang Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara direncanakan dengan andalan pertumbuhan utama yaitu KEK Bitung sebagai pusat kawasan industri. KEK Likupang, Minahasa Utara sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)”, tandas Bupati Joune Ganda

Baca juga:  Turun Drastis! Angka Prevalensi Stunting Minut 2023 Sentuh 10,9 Persen

Gelar Magister Sains ini didapatkan Joune Ganda dengan perjuangan melalui proses formal dan sesuai prosedur pada umumnya, dengan menjalani tahapan akademik antara lain sidang tesis strata dua (S2), juga melaksanakan sidang akhir ujian komprehensif tesis.

(enol)