Terkait Pengelolaan Sampah, GIZ Audensi Dengan Pemkot Manado

(Foto: ist)

MANADO  – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Dr. Micler Lakat, S.H., M.H., melakukan audiensi dengan perwakilan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) di Ruang Rapat Sekda Kota Manado, Rabu (15/3/23).

Adapun agenda yang dibahas pada audiensi ini yaitu penjelasan dari pihak GIZ terkait pengelolaan sampah.

Secara singkat, menurut penjelasan dari Frederik Caselits selaku Tim Komunikasi GIZ, GIZ merupakan sebuah perusahaan yang dibiayai oleh Pemerintah Jerman untuk mendukung program-program yang dilakukan oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia.

“Kami merupakan perusahaan non profit hanya fokus membantu negara-negara berkembang, bukan untuk mencari keuntungan,” katanya.

Lebih lanjut mengenai maksud kedatangannya di Kota Manado adalah untuk melakukan kerjasama dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terkait project yang mereka jalani yaitu “Reduce, Reuse, Recycle to Protect the Marine Enviroment and Coral Reefs (3RproMar).

Baca juga:  Tomohon Terpilih Tempat Uji Coba Gas LPG 3Kg Non Tunai Secara Nasional

Project 3Rpromar menurut mereka cocok dilakukan di Kota Manado karena project ini memang disasar untuk kota-kota yang memiliki masalah persampahan di pesisir pantai dan sungai.

Menanggapi penjelasan dari pihak GIZ, Sekda Kota Manado pun menyetujui kerjasama yang ditawarkan oleh pihak GIZ.

Menurutnya, Kota Manado memang perlu menjalankan project ini bukan hanya agar Kota Manado bebas dari sampah tetapi untuk perubahan perilaku masyarakat Kota Manado dalam mengelola sampah.

“Project ini sangat bagus karena memang masalah kota yang terletak di pesisir pantai adalah sampah. Di Kota Manado juga, sempat ada dua kecamatan yang menerima pembelian sampah plastik tapi ini bukan solusi. Kita perlu memperbaiki perilaku masyarakat kita,” jelasnya.

Baca juga:  Sampai Hari ini Jumlah PDP di Tomohon 28 Orang

Selanjutnya, Sekda menginformasikan kepada perangkat daerah terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup untuk membuat dokumen perjanjian kerjasama dan Dinas Kominfo untuk membantu mempublikasikan project 3RproMar di media sosial dan media-media lokal.

Turut hadir dalam rapat ini Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Manado, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Prokopim, Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, dan Perusakan Dinas Lingkungan Hidup, dan pihak dari 3RproMar Manado. (denny)