Search
Senin 21 September 2020
  • :
  • :

Antisipasi Wabah Virus Corona, GSVL Tinjau Pemeriksaan di Bandara Samrat

Walikota Manado (kanan) saat berada di bandara Samrat (Foto: Pemhum)

 

MANADO – Wabah virus yang melanda China menjadi perhatian Pemerintah Kota Manado, mengingat wisatawan asing yang paling banyak mengunjungi Manado adalah warga asal negeri tirai bambu tersebut.

 

 

Setiap minggunya, ada kurang lebih 24 direct flight China-Manado di Bandara Sam Ratulangi sehingga ratusan wisman asal China setiap harinya masuk di Kota Manado.

 

 

Meski demikian, Walikota Manado, DR. Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA meminta warga untuk tidak panik dalam menanggapi kabar wabah virus tersebut karena Pemerintah Kota Manado juga turut menaruh perhatian pada kasus ini.

 

 

“Jangan panik menanggapinya. Langkah-langkah antisipatif juga maksimal dilakukan oleh pihak terkait seperti Angkasa Pura 1 Bandara Sam Ratulangi, pihak KKP, bahkan pihak rumah sakit yang ada juga mengatakan siap untuk menanganinya,” ujar Walikota.

 

 

Bahkan, pada Kamis (23/01/20) sore, Walikota meninjau langsung Bandara Sam Ratulangi, khususnya terminal kedatangan internasional didampingi para asisten dan sejumlah kepala perangkat daerah.

 

 

Walikota dua periode ini disambut oleh GM Bandara Sam Ratulangi Minggus ET Gandeguai bersama Kepala KKP Kelas II Manado, Johanis Patari, SE, M.Kes beserta jajaran yang sekaligus mendampingi Walikota dan rombongan menuju ke ruang pemeriksaan thermal scanner, dimana para wisman yang baru saja turun dari pesawat akan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi potensi terbawanya virus pneumonia maupun corona.

 

Wisman yang berhasil melewati pemeriksaan tersebut baru bisa diijinkan untuk melakukan pemeriksaan dokumen. “Sejauh ini upaya maksimal sudah dilakukan, sambil terus ada peningkatan. Untuk saat ini sekali lagi kita tidak boleh panik, semua pihak terkait sedang berupaya maksimal agar tidak ada virus yang masuk di Manado,” kata Walikota kembali. (redaksi/Lipsus)