Search
Senin 22 Juli 2019
  • :
  • :

Dibuka JOKOWI,CEP Hadiri Peresmian dan Penghargaan Pasar Rakyat Serta Rakerja Kemendag

 

 

Bupati Minahasa Selatan Dr.Christiany Eugenia Tetty Paruntu SE,pada kegiatan peresmian dan penghargaan pasar rakyat serta rapat kerja Kementerian perdagangan tahun 2019.

Minsel – Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu, SE (CEP) bersama  Kepala dinas Perindag Drs. Adrian Sumuweng menghadiri Peresmian dan Penghargaan Pasar Rakyat serta Rapat Kerja(Rakerja) Kementerian Perdagangan 2019 yang dibuka oleh Presiden RI. Ir.Jokowidodo bertempat di ICE BSD Tanggerang Banten.Selasa (12/3/2019).

Sebanyak 600 pasar rakyat diresmikan Presiden RI Joko Widodo dalam gelaran Peresmian dan Penghargaan Pasar Rakyat serta Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2019, di ICE BSD, Kabupaten Tangerang,

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, mengungkapan keberhasilan stabilitas pokok yang telah dilakukan Kemendag.

Menurut dia pada tahun 2015 hingga 2018, sudah terbangun dan terevitalisasi pasar rakyat sebanyak 4.211 unit. Hingga akhir 2019.Ditargetkan total pasar yang dibangun dan direvitalisasi mencapai 5.248 unit pasar rakyat. Adapun total anggaran yang diperlulan pembangunan semua pasar rakyat ini mencapai Rp 12,47 triliun.

“Kemendag berhasil menjaga stabilitas pokok yang mana inflasi tahun 2018 sebesar 3,13 persen. Ini langsung dipimpin oleh Bapak Presiden dan kerja keras bupati, gubernur dan pasar untuk memastikan ketersediaan pangan dalam harga terjangkau. Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya,” Ungkap Enggartiasto dalam sambutannya.

Presiden Jokowi pun turut mengapresiasi, namun Jokowi berpesan agar pasar rakyat dapat turut serta membangun marketplace berupa ekosistem online.

“Dari apa yang saya dengar kita sekarang kalah dengan yang online. Saya minta kemendag mulai membangun, ekosistem online, tapi juga tetap memperbaiki ekosistem offlinenya. Sehingga pasar rakyat memiliki marketplace platform untuk menyiapkan diri menuju era digital,” pesan Jokowi.

Turuthadir dalam kegiatan tersebut Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito, Bupati dan Walikota se Indonesia serta  jajaran Kemendag, juga para pengelola pasar dari seluruh Indonesia.

(Hezky)




error: Content is protected !!