Dukung Program Jokowi, Wali Kota Vicky Lumentut Serahkan Sertifikat Gratis

Berita Utama, Manado99 Dilihat
Sertifikat Gratis
Wali Kota Vicky Lumentut saat menyerahkan sertifikat gratis kepada salahsatu warga (foto: humas)

 

MANADO – Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat terkait legalitas kepemilikan tanah, Wali Kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menyerahkan Sertifikat Hak Milik secara gratis kepada warga Kelurahan Tumumpa Satu dan Tumumpa Dua, Kecamatan Tuminting, Jumat (26/01) siang tadi.

 

Penyerahan sertifikat tersebut merupakan program Nasional Pendaftaran Tanah Sistimatik Lengkap (PTSL) yang digagas Presiden Joko Widodo dan diberikan bagi masyarakat secara gratis. Acara bertajuk Penyerahan Sertifikat untuk Rakyat yang dilaksanakan Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Propinsi Sulawesi Utara itu, menggembirakan 250 masyarakat penerima sertifikat di dua kelurahan itu.

 

Pasalnya, program tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan sertifikat tanpa dikenakan biaya. “Sebagai Walikota Manado, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Badan Pertanahan Nasional yang telah memberikan sertifikat gratis kepada masyarakat Kota Manado melalui program nasional PTSL dari Presiden Jokowi,” tukas orang nomor satu di Manado itu.

Baca juga:  Manado Sukses Gelar Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Nasional

 

Lumentut mengingatkan penerima sertifikat gratis agar tidak mengabaikan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). “Saya menunggu para penerima sertifikat untuk membayar PBB. Jangan cuma terima hak tetapi melalaikan kewajiban membayar pajak. Nama bapak-ibu akan dicatat baik di Cerdas Command Center juga di Big Data Geospasial. Disana akan kelihatan, siapa yang belum bayar dan siapa-siapa yang sudah bayar serta memiliki sertifikat,” tukas Wali Kota Vicky Lumentut.

 

Sementara, Kepala BPN Kota Manado Patrick Ekel mengatakan program PTSL tahun 2017 untuk Kota Manado sebanyak 250 bidang tanah di Kelurahan Tumumpa Satu dan Tumumpa Dua. “Nantinya pada tahun 2018 ada 3000 bidang yang terdaftar dan sebanyak 1500 bidang yang akan disertifikatkan di Kecamatan Mapanget,” jelasnya.

Baca juga:  Irene Angouw-Pinontoan Gelar Buka Puasa Bersama di PDAM Wanua Wenang

 

Senada dengan itu, Kepala Kanwil ATR-BPN Propinsi Sulut Fredy Kolintama ST MSi menjelaskan secara Nasional ada tujuh juta bidang yang terdaftar dalam program PTSL, untuk Sulut sendiri ada 60 ribu bidang.

 

“Di Kota Manado sendiri ada 169.800 bidang didalamnya yang belum terdaftar sebanyak 70.980 bidang. Olehnya menjadi harapan bersama termasuk harapan Pak Presiden Joko Widodo agar seluruh masyarakat Indonesia telah memiliki sertifikat untuk menuju Indonesia Terdaftar 2025,” pungkasnya.

 

Tampak hadir Asisten I bidang Pemerintahan/Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, Camat Tuminting Danny Kumajas SSos, serta sejumlah pejabat di Pemkot Manado. Acara diakhiri dengan penyerahan peta lengkap kepada Lurah Tumumpa Satu dan Tumumpa Dua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *