Search
Kamis 21 Maret 2019
  • :
  • :

Jabatan Dandim Memiliki Peran Penting Dilingkup Korem 131/Santiago

Penggantian tanda pangkat dan penyematan tanda jabatan oleh Danrem kepada Dandim 1302/Min 

 

MANADO – Jabatan Dandim memiliki peran yang sangat penting dalam lingkup jajaran Korem 131 Santiago sebagai satuan komando kewilayahan dalam doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi dinyatakan bahwa pembinaan teritorial merupakan salahsatu fungsi utama TNI AD.

 

Penyerahan tongkat komando dari Danrem 131 Santiago kepada Dandim 1302 Minahasa (foto: denny)

Hal tersebut dikatakan Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Robert Joseph Giri, SIP.MSi saat memimpin upacara laporan korps penyerahan tugas dan jabatan Dandim 1302 Minahasa kepada Letkol Inf Slamet Raharjo, SSos MSi di Aula Makorem Manado, Selasa (11/12/18).

 

Penandatanganan Pakta Integritas (foto: denny)

“Dengan demikian Dandim merupakan salahsatu jabatan strategis pembinaan teritorial (Binter) merupakan tugasnya TNI AD terlebih khusus bagi satuan kewilayahan mulai dari tingkat Korem, Kodim sampai dengan Koramil dan menjadi ujung tombak adalah para Babinsa,” jelas Danrem.

 

Dari kiri Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Robert Giri dan Dandim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo 

Oleh karena itu, kata Danrem sebagai insan teritorial Letkol Inf Slamet Rahardjo sebagai pejabat Dandim yang baru harus mampu memposisikan dirinya dan bersinergi dengan unsur Forkompimda dan elemen masyarakat sehingga binter sebagai fungsi utama tersebut dapat kita wujudkan dalam karya nyata dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

“Oleh karena itu sebagai pejabat Dandim yang baru tentunya dituntut tanggungjawab yang lebih baik daripada pejabat Dandim sebelumnya,” tutur Danrem.

 

Danrem mengingatkan kembali bahwa tugas Dandim selaku komandan kewilayahan saat ini harus fokus pada pembinaan teritorial, berbuatlah yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas lakukan tugas pembinaan kewilayahan dengan sebaik-baiknya dilandasi dengan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai kemanunggalan TNI dan rakyat.

 

“Selaku Danrem 131 Santiago dan pribadi saya mengucapkan selamat kepada Letkol Inf Slamet Raharjo, SSos MSi atas jabatan barunya sebagai Dandim 1302 Minahasa,” ungkap Danrem.

 

Diingatkan, jabatan yang dipercayakan oleh pimpinan AD merupakan kepercayaaan, kehormatan dan amanah yang harus disyukuri dan harus dapat dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

 

“Saya percaya dengan bekal kemampuan dan pengalaman jabatan sebelumnya antara lain sebagai Danyon Inf 713 Satya Tama, amanah dan tanggungjawab jabatan yang baru ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya,” ujarnya.

 

Acara dihadiri oleh Kasrem 131 Santiago bersama staf, Para Dandim dan Kabalak jajaran Korem 131 Santiago dan Para Kabalak Aju Kodam XIII Merdeka, serta para Perwira. (denny)

 

 




error: Content is protected !!