Search
Selasa 19 November 2019
  • :
  • :

Kadis Koperasi dan DPRD Tomohon Hadiri Bekraf Festival 2019

Pimpinan DPRD, Sekwan dan kadis koperasi foto bersama usai mengikuti kegiatan (foto: Jane)

 

TOMOHON – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon Jane Mendur menghadiri Bekraf Festival 2019 yang dilaksanakan di Benteng Vestenburg Solo 4-6 Oktober 2019.

 

Selain Kadis koperasi hadir juga Ketua sementara DPRD Tomohon Christo Eman SE, Wakil Ketua Caroll Senduk SH serta Sekretaris DPRD Fransiskus Herry Lantang, SSTP. 

 

Bekraf Festival 2019 hadir di Solo mengusung tema Kita Kaya Karya. Bekraf Festival merupakan bentuk laporan kinerja atau public report dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kepada masyarakat.

 
 
Mendur mengatakan acara ini melibatkan seluruh kedeputian yang ada di Bekraf dengan menampilkan hasil dari berbagai program dan aktivitas yang telah dilaksanakan oleh Bekraf termasuk Kota Tomohon.

 

“Masyarakat diharapkan dapat memahami bagaimana program-program unggulan dari enam kedeputian Bekraf yang banyak dan beragam, ini merupakan jalinan yang saling terkait satu sama lain dalam prosesnya membentuk ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” terang Mendur.

 

Kepala badan ekonomi kreatif RI Triawan Munaf saat membuka kegiatan mengatakan ada 1.000 pelaku ekonomi kreatif yang siap melayani masyarakat, menjelaskan, memamerkan, dan mempertunjukkan berbagai karya serta kegiatan yang telah dilakukan bersama Bekraf.

 

“Kami berharap acara ini memberi inspirasi kepada pelaku kreatif dan pemda untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya,” ungkap Triawan Munaf.

 

Bicara tentang tema Bekraf Festival tahun ini, Kita merujuk pada program Bekraf yang memaksimalkan potensi kreatif masyarakat Indonesia serta mendukung lahirnya identitas kreativitas Indonesia yang khas.

 

Kaya terinspirasi dari program Bekraf yang mengembangkan potensi ekonomi dari karya-karya kreatif Indonesia, sebagai upaya untuk memajukan ekonomi kreatif agar dapat menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

 

Sedangkan Karya mengacu pada mengangkat program serta kegiatan Bekraf yang mengembangkan potensi insan kreatif Indonesia dan mendukung lahirnya karya-karya terbaik bangsa.

 

Konsep utama kegiatan ini yaitu sebagai ajang public report: penyampaian, penyajian, pelaporan mengenai ragam kinerja Bekraf kepada masyarakat pada umumnya.  

 

Bekraf Festival akan menampilkan total 40 program unggulan pada enam kedeputian Bekraf yang disajikan secara informatif baik secara deskriptif dan audiovisual.

 

Akan ditampilkan juga beberapa konten Bekraf Festival yang lain seperti pasar kreatif, pameran, pengembangan SDM (capacity building), peragaan busana, sesi berbagi, seni pertunjukan, hiburan musik, dan pemutaran film. (denny)