Search
Sabtu 17 November 2018
  • :
  • :

Pemkot Manado Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas dan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah

Wawali MOR saat membuka kegiatan (foto: Pemhum)

 

MANADO – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menaruh perhatian yang besar dan intensif terhadap komitmen upaya penguatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja aparatur pemerintah. Salah satunya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas akuntabilitas kinerja Perangkat Daerah yang dibuka Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan SE mewakili Wali Kota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, di ruang pertemuan Swissbell Maleosan Hotel, Kamis (01/11/18) siang tadi.

 

Dalam sambutan yang dibacakan Wawali Mor Bastiaan, Wali Kota Vicky Lumentut mengatakan akuntabilitas aparatur pemerintah merupakan hal yang mutlak dalam rangka mewujudkan efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dalam kerangka good governance.

 

“Kita patut bersyukur, berkat kerja keras dan kerja Cerdas dari seluruh jajaran pemerintah Kota Manado, kita berhasil raih predikat BB atas laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau LAKIP tahun 2017, yang sebelumnya hanya mendapat predikat B. Ini hal yang membanggakan, karena dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia, hanya tujuh daerah yang meraih predikat BB, salah satunya Kota Manado,” ujar Wali Kota Vicky Lumentut seperti dikutip Wawali Mor Bastiaan.

 

Lanjut dikatakan, capaian yang diraih Kota Manado tersebut, bukanlah tujuan akhir tetapi menjadi titik awal yang memberikan motivasi bagi jajaran Pemkot Manado agar terus berupaya memperbaiki serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

“Jangan sampai berpuas diri, tapi evaluasi dan koreksi dalam segala aspek harus terus dilakukan, agar tujuan Reformasi Birokrasi untuk menciptakan pemerintahan profesional dapat terwujud,” tukasnya. Kepada para peserta Bimtek, Wali Kota Vicky Lumentut berpesan lewat Wawali Mor Bastiaan agar mengikuti kegiatan Bimtek dengan baik sampai selesai.

 

“Setiap Informasi dan pengetahuan yang diberikan nara sumber, pahami dan aplikasikan, agar penyelenggaraan pemerintahan di Kota Manado berjalan efektif, efisien, transparan, akuntabel serta bersih dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

 

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Ronald Andrea Anna’s Al, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Kepala Bagian dilingkup Pemkot Manado. (redaksi)