Search
Sabtu 20 Juli 2019
  • :
  • :

Pesona Danau Eksotis di Puncak Gunung Tampusu

Gunung Tampusu

Danau Tampusu

TOMOHON – Danau Tampusu berada di atas puncak Gunung Tampusu dengan ketinggian 1.186 m di atas permukaan laut. Berada diantara wilayah Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa.

 http://www.speednews-manado.com/

Untuk menikmati indahnya danau di atas puncak ini dapat mendaki melalui jalur Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan dan melalui Desa Tampusu Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa. Perjalanan ke Danau Tampusu melewati perkebunan cengkih, Jagung dan Sayur-Sayuran serta suguhan pemandangan alam yang indah.

Begitu turun dari mobil setelah melewati Kelurahan Pangolombian menempuh perjalanan selama 25-40 menit dari Menara Alva & Omega Kota Tomohon yang juga pusat Kota Tomohon.

 

Anda telah dinanti pemandangan Gunung Lokon dan Mahawu, Gunung Klabat, Gunung Dua Sudara di Bitung, Gunung Masarang Perkebunan Wawo, Danau Tondano serta hamparan sawahnya dan Tondano Ibukota Kabupaten Minahasa.

 

Nantinya anda akan menapaki anak-anak tangga dengan pegangannya menuju ke puncak,dengan berjalan selama 30-45 tiba di puncak Gunung Tampusu dan melihat pemandangan Danau Tampusu.

 

Sepanjang perjalanan anda akan disambut kicauan burung-burung yang bertengger di pepohonan yang hijau serta warna-warni kupu-kupu yang beterbangan bebas.

 

Selanjutnya mengitari sebagian hutan hujan tropis yang dihiasi beragam jenis bunga, pohon-pohon besar dan kayu rotan. Anda dapat juga melihat monyet hitam dan burung elang di sekitar danau ini.

 

Setelah menempuh jalur hutan yang menantang adrenalin, anda kembali disuguhkan pemandangan danau linou dari kejauhan dengan proyek Panas Bumi serta gunung dan hutan disekitarnya.

 

Selanjutnya begitu tiba di pinggir Danau Tampusu anda dapat beristirahat sambil menikmati udara sejuk dengan keheningan alam yang jauh dari kebisingan dan polusi. Anda dapat melihat ikan-ikan khas Danau Tampusu yang berada dipinggiran danau sambil melepas lelah.

 

Danau yang unik dan terletak di atas gunung ini telah menjadi tujuan wisata baik turis nusantara maupun mancanegara. Karena menawarkan pesona tersendiri bagi yang hoblbi mendaki dan suka camping. Gunung dan Danau ini meski termasuk unik ukurannya, dengan medan yang lumayan menantang namunsangat layak untuk dikunjungi.

 

Beberapa spot favorit yang biasanya dikunjungi, yakni daerah pemandangan dan danau Tampusu serta berkeliling pinggiran danau sambil mengamati burung-burung langkah dan melihat Kupu-Kupu serta ragam jenis pohon,bunga dan tumbuhan lainnya.

 

Dari pemandangan turun ke danau harus menuruni bukit sekitar 30 menit. Dari Danau ke lokasi penjemputan mobil, butuh waktu sekitar 30-45 menit menurun dengan Waktu tempuh berjalan dengan santai.

 

Nantinya dalam perjalan pulang anda akan melewati Pohon Besar dengan akar-akar besar menancap dijalur anda lewat. Sehingga menjadi spot foto menarik bagi wisatawan dan ada kemungkinan melihat monyet hitam sulawesi serta hewan lainnya dipohon ini.

 

Kota Tomohon akan mengadakan TIFF 2019 dimana iven ini masuk dalam Calender Of Event yang merupakan prioritas dari Kementerian. Obyek wisata  ini menjadi salah satu destinasi bagi para wisatawan yang ingin menjelajah dan melihat keindahan alam Tomohon

 

Banyak Wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini dan merekomendasikannya untuk dikunjungi ketika berada di Tomohon. Diantaranya wisatawan Australia yakni Betty, Mac dan Matt yang mengatakan danau tampusu fantastik. Wisatawan dari Jerman, Amerika dan Swiss sepakat mengatakan wow amazing, hutan dan danaunya sangat bagus. (denny)




error: Content is protected !!