Search
Selasa 1 Desember 2020
  • :
  • :

Sabtu Besok KPU Tomohon Gelar Debat Publik Calon Wakil Walikota

 

TOMOHON –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon akan menggelar debat terbuka, dimana debat kedua ini khusus untuk Calon wakil walikota yang akan digelar di ABI Kakaskasen Tomohon, Sabtu (21/11/20) sore sekitar Pukul 14.30 WITA. Debat akan disiarkan secara langsung di 3 radio dan bisa juga diakses juga secara live di Facebook dan youtube KPU Tomohon.

 

Ketua KPU Tomohon Drs Haryyanto Lasut melalui Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Stenly Jerry Kowaas,SP mengatakan kegiatan tersebut digelar secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

 

Debat terbuka paslon merupakan salah satu metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU dengan tujuan menyebarluaskan pengenalan profil, Visi, Misi serta program kerja kepada pemilih dan masyarakat.

 

“Termasuk memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya. Serta menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat,” tuturnya.

 

Kowaaas menambahkan, debat publik wajib mematuhi ketentuan status penanganan Covid-19. Di antaranya pembatasan jumlah undangan.

 

Kata Kowaas, untuk materi tema debat publik pun sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara. Dimana akan dibahas soal pendalaman atau penjabaran visi dan misi Pasangan Calon, dengan tema antara lain:

 

1) meningkatkan kesejahteraan masyarakat; 2) memajukan daerah; 3) meningkatkan pelayanan kepada masyarakat; 4) menyelesaikan persoalan daerah; 5) menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah
kabupaten/ kota dan provinsi dengan nasional; dan 6) memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan
Kebangsaan; dan b. Selain materi debat publik atau debat terbuka sebagaimana dimaksud dalam huruf a, materi debat juga memuat materi kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan, dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

 

“Untuk materi kebijakan penaganan covid-19 sudah diputuskan akan dimasukan di debat 1-3 karena masalah covid-19 ini mencakup banyak aspek seperti ekonomi, sosial, pendidikan dll. Debat akan disiarkan secara langsung di 3 radio dan bisa juga diakses juga secara live di Facebook dan youtube KPU Tomohon,” pungkasnya. (redaksi)