Sistem Dapodik Harapan Baru Wujudkan Data Pendidikan Berkualitas

Berita Utama, Tomohon373 Dilihat
Dapodik
Jimmy Feidie Eman

 

TOMOHON – Untuk meningkatkan kualitas serta pengontrolan sistem pendidikan yang ada maka pemerintah memberlakukan sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan) PAUD DIKMAS untuk pengumpulan dan pengelolahan serta analisis data untuk mewujudkan harapan baru atas kualitas data pendidikan yang lebih baik.

 

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak saat menghadiri kegiatan Pengembangan Data dan Informasi Paud Kota Tomohon Tahun 2018 di Okoy Flower Garden, Rabu (24/10/18).

 

Dikatakannya, pengelolaan data pendidikan diperlukan sebagai alat bantu pengambilan keputusan pimpinan dalam penetapan kebijakan dan perencanaan, pedoman dalam pelaksanaan dari implementasi program pembangunan pendidikan, mencegah terjadinya perencanaan program yang tidak tepat guna dan tetap sasaran, pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan program pembangunan pendidikan dan sebagai evaluasi akhir pelaksanaan program pembangunan pendidikan.

Baca juga:  Pemkot Tomohon Gelar Rapat Evaluasi LPPD

 

“Pemerintah Kota Tomohon sangat memberi perhatian luar biasa terhadap pendidikan anak usia dini melalui berbagai macam program yang dibangun untuk guru, tenaga pendidikan, bahkan operator sekolah yang ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mereka,” ujar Eman.

 

“Diharapkan pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi para operator dapodik dalam mengelola data pendidikan sehingga semua anak memperoleh pendidikan anak usia dini yang berkualitas,” pungkas walikota pilihan rakyat Tomohon ini.

 

Tampak hadir narasumber Bapak Faturrahman dari Sekretariat Direktorat Jendral PAUD dan DIKMAS Kemendikbud RI, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon DR Dolvin Karwur MKes MSi, para peserta dari unsur Guru-guru Paud se Kota Tomohon, satuan Paud sejenis dan Kelompok Bermain. (denny)