Tomohon Raih Penghargaan Kota Peduli HAM 2018

Berita Utama, Tomohon317 Dilihat
Wali Kota Eman saat menerima penghargaan dari Menkum HAM Yasona Laoly (foto: humas)

 

TOMOHON – Dibawah kepemimpinan Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE.Ak dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan Kota Tomohon berhasil meraih penghargaan Kota Peduli HAM tahun 2018 tingkat nasional dari Kementrian Hukum dan dan HAM RI. 

 

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yassona Laoly di Kantor Kementrian Hukum dan HAM RI dan diterima langsung oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak, di Kantor Kemenkum HAM, Selasa (11/12/18).

 

“Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Pemerintah Kota Tomohon dinilai menjadi salah satu daerah yang memenuhi standar dalam bidang hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, dan lainnya. Pelayanan kesehatan kita berusaha memberikan akses yang lebih baik, sektor pendidikan juga lebih ditingkatkan. Ini bertujuan agar tercipta Tomohon yang lebih baik,” kata Eman.

Baca juga:  Didampingi Sekda, Wawali Richard Sualang Hadiri Safari Ramadhan di Masjid Al- Mubasysyirin Kleak

 

”Pemberian penghargaan ini merupakan hasil dari kerjasama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk saling mendukung dalam mewujudkan Kota Tomohon yang peduli terhadap HAM. Apresiasi dari pemerintah pusat diharapkan menjadi penyemangat untuk bekerja lebih baik lagi,” harap walikota dua periode tersebut.

 

Diketahui, dalam sambutanya Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Pemerintah berkewajiban serta bertanggung jawab untuk melaksanakan perlindungan, penghormatan, serta pemenuhan hak dasar dalam penegakan dan kemajuan HAM, namun kewajiban ini tentu saja harus dibarengi dengan kerjasama semua pihak, agar pemenuhan hak dasar bagi masyarakat bisa terwujud.

 

“Saya berharap untuk selalu menjaga toleransi antar sesama, hal tersebut sangat penting dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,“ kata Wapres.

Baca juga:  DWP PDAM Wanua Wenang Gelar Donor Darah

 

Dalam pemberian penghargaan peduli HAM untuk Kabupaten/Kota di Indonesia terdapat 409 dari 514 Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi dari jumlah tersebut, sebanyak 271 Kabupaten/Kota masuk kategori peduli HAM dan 75 Kabupaten/Kota masuk kategori cukup peduli HAM.

 

Hadir juga dalam acara ini Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang juga menyerahkan secara simbolis penghargaan Daerah Peduli HAM kepada para Gubernur yang menerima penghargaan ini. Selain itu hadir juga Wakil Ketua MA, Gubernur, Walikota/Bupati Se-Indonesia yang menerima penghargaan ini. (denny)