Search
Kamis 13 Agustus 2020
  • :
  • :

Total Pasien Positif Yang Sembuh di Tomohon Tercatat 107 Orang

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Tomohon Yelly Potuh, SS 

 

TOMOHON – Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah diverifikasi dan dikonfirmasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon, kasus konfirmasi positif yang sembuh bertambah sebanyak 40 orang.

 

Sehingga jumlah kasus konfirmasi positif yang sembuh di Kota Tomohon kini tercatat sebanyak 107 orang. Karena tidak ada pertambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif yang baru, maka jumlah kasus konfirmasi positif tetap tercatat sebanyak 169 kasus.

 

Terdiri dari 21 pasien dirawat di RS, 33 pasien dirawat mandiri, 107 pasien sembuh, dan 8 pasien meninggal dunia. 2. Kasus Suspek dilaporkan bertambah 2 pasien baru, masing-masing dari Kec. Tomohon Utara dan Kec. Tomohon Tengah (keduanya dirawat di salah satu RS di Tomohon).

 

Hal tersebut disampaikan Yelly Potuh, SS juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Tomohon melalui rilis resmi, rabu (22/07/20).

 

“Total jumlah Kasus Suspek di Kota Tomohon kini tercatat sebanyak 20 kasus (sebelumnya 18 kasus), terdiri atas 1 pasien dirawat mandiri, 11 pasien dirawat di RS, dan 8 pasien meninggal dunia. Hasil Swab Test sedang ditunggu,” kata Yelly.

 

Untuk itu lanjutnya, gugus tugas meminta kerjasama yang baik dari semua pihak untuk tidak menyebarluaskan informasi, data, atau berita berkaitan dengan Penanganan dan Penyebaran COVID-19 di Kota Tomohon jika informasi, data, atau berita tersebut bukan informasi resmi yang telah diverifikasi dan berasal dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon.

 

“Berpedoman pada Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor HK.02.01/ MENKES/199/2020 tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) tertanggal 12 Maret 2020 yang menyatakan bahwa data dan identitas pasien tidak disebarluaskan ke publik, maka Gugus Tugas juga meminta kerjasama yang baik dari semua pihak untuk tidak mempublikasikan atau menyebarluaskan data dan identitas pribadi pasien COVID-19 (seperti nama dan alamat lengkap) kepada masyarakat,” terangnya.

 

Gugus Tugas terus menghimbau seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk tetap waspada, tetap mentaati maklumat dan himbauan pemerintah, dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

 

“Kita belum dapat kembali ke kehidupan normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19 karena hingga saat ini vaksin yang siap digunakan belum ada, masih dalam tahap uji klinis. Oleh karena itu kita harus beradaptasi dengan pola hidup baru yang penuh kewaspadaan dan kehatihatian, kehidupan masyarakat yang produktif namun aman dari COVID-19. Kita semua belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir,” pungkasnya. (redaksi)

 

                    (update data sampai dengan Selasa, 21 Juli 2020 pukul 22.00 WITA)