Search
Jumat 19 April 2019
  • :
  • :

Turun Langsung, GSVL-Mor Berempati Bersama Korban Banjir Dan Tanah Longsor

Wali Kota GSVIL turun langsung memantau kondisi Kota Manado (foto: Pemhum)

 

MANADO – Kondisi Kota Manado yang diguyur hujan deras sejak malam sampai hari ini, Jumat (1/2/19) sore, mengakibatkan terjadinya banjir disertai tanah longsor dibeberapa titik.

 

(Foto: Pemhum)

Menurut informasi ketinggian air dipantau Wakil Walikota Mor Bastiaan dari CCTV Cerdas Command Center Pemerintah Kota Manado, pada hari Jumat (1/2/2019) Pukul 11.09 Wita pagi tadi mendekati garis level bahaya.

 

Wawali Mor saat memantau langsung kondisi dilapangan (Foto: Pemhum)

Menyikapi hal ini, Wali Kota Manado DR. Vicky Lumentut, dan Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan, SE, terjun ke lokasi yang mengalami banjir dan tanah longsor, di daerah Tuminting, Banjer, Taas, Tikala, Sario, dan sekitarnya untuk memantau langsung kondisi ketinggian air dan situasi pasca terjadi banjir dan tanah longsor.

 

(Foto: Pemhum)

Wali Kota Vicky Lumentut, yang meninjau daerah Tuminting langsung membantu mengevakuasi warga lanjut usia yang mengungsi dengan menggunakan mobil patroli 901.

 

Sedangkan di tempat berbeda, Wakil Wali Kota Mor Bastiaan memberikan bantuan ambulans serta melihat evakuasi korban longsor di daerah Taas.

 

Sejauh ini, Walikota Manado mengimbau warga yang bermukim di wilayah bencana agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

 

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai dan daerah rawan longsor dan banjir, harap segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman, sambil menitip pesan, mari kita semua berdoa untuk keselamatan seluruh masyarakat kota Manado,” ujar Wali Kota Vicky Lumentut.

 

Lebih lanjut, Walikota mengatakan Pemkot Manado membuka Posko Kesehatan dan bantuan penanggulangan bencana bagi masyarakat, yaitu Puskesmas Wenang, Posko di samping Rumah kopi Klabat, Puskesmas Paniki Bawah di Kantor Lurah Kairagi I, Puskesmas Tikala Baru di Dinas Tenaga Kerja, Puskesmas Bengkol di perumahan Bhayangkara Buha, dan Puskesmas Ranomuut di Gereja Bethel Eden Paal 2.

 

“Bagi masyarakat korban banjir dan tanah longsor yang membutuhkan obat-obatan, Posko Kesehatan menyiapkan yang diperlukan,” jelas Walikota Manado dua periode tersebut.

 

Turut memantau Sekretaris Daerah Kota Manado Micler C. S. Lakat, SH, MH, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Heri Saptono, Kadis PUPR Royke Mamahit, Kabag Pemerintahan dan Humas Drs. Sonny Takumansang, MSc, Dan Camat Tikala Argo Sangkay. (denny/Pemhum)




error: Content is protected !!