Search
Senin 13 Juli 2020
  • :
  • :

Walau Minim APD, Relawan Sat Pol Minsel Siap Bantu Pemakaman Pasien Covid-19

MINSEL – Walaupun minimnya alat pelindung diri atau APD tidak membuat bagi para anggota relawan Sat Pol PP dan Damkar Minahasa selatan yang berjumlah 24 anggota patah semangat.

 

Di bawah pimpinan kasat Henri Palit SH, bersama Sekretaris Mariano Kani ST, M,si tidak patah arah untuk berdonasikan diri membantu bagi para pasien virus corona yang sudah meninggal dunia untuk di makamkan.

 

Dalam menghadapi serta membantu pasien pandemi covid-19 yang terjadi selama beberapa bulan terakhir para relawan Sat Pol PP dan Damkar menjadi salah satu SKPD yang siap memakamkan para korban dari virus corona walaupun dengan adanya keterbatasan alat pelindung diri yang menjadi salah satu prosedur serta protokol kesehatan dalam menjalankan tugas.

 

Para relawan dari dinas satpol pp dan damkar selama melaksanakan tugas sebagai relawan memakamkan para jenasah yang terindifikasi virus corona selalu terhalang dengan adanya alat pelindung diri (APD) yang kurang.

 

Contoh salah satu APD yang kurang yaitu sepatu lars ketersediaan hanya 6 buah saja sedangkan para anggota relawan ada sebanyak 24 anggota, bukan cuma masalah APD tetapi begitu juga dengan masalah makanan untuk menjaga kestabilan tubuh kalau tidak di imbangi maka para relawan ini bisa sakit.

 

Salah satu tokoh masyarakat sekaligus politikus Alfrets Rorimpandey mengatakan bahwa para relawan ini sebenarnya mereka harus di jamin agar supaya ketahanan tubuh mereka bisa kuat dan imun mereka selalu terjaga, karena dimana mereka juga adalah salah satu garda terdepan dalam menghadapi pandemi covid-19 ini.

 

Selain mereka atau relawan dari satpol pp dan damkar, siapa lagi yang mau suka masuk kayak mereka maka justru itu saya sebagai warga dan tokoh masyarakat menginginkan bagi dinas terkait agar supaya mengedepankan para tim ini untuk di berikan alat pelindung diri serta di jaminkan makanan dan minuman mereka dan kalau bisa mereka di berikan insentif karena mereka juga membutuhkan dana untuk para keluarga mereka,” ujarnya.

 

Di temui media ini, Rabu (27/05/20), Sekretaris Sat Pol PP Damkar Mariano Kani ST, M,si membenarkan apa yang menjadi keluhan para relawan yang terdiri dari 24 anggota tersebut, di mana APD sepatu lars hanya terdapat 6 buah saja.

 

“Untuk itu saya meminta kepada dinas terkait agar supaya bisa menambah pasokan sepatu bagi anggota saya, karena di mana kesehatan itu penting bagi mereka juga dan tak segampang menjadi relawan seperti ini,” ungkap Kani. (ever)