Search
Senin 16 September 2019
  • :
  • :

Wali Kota GSVL Irup Hut Ke 74 Proklamasi Kemerdekaan RI

Wali Kota Manado saat menjadi Irup Hut ke-74 RI di Manado (Foto: {Pemhum)

 

MANADO – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 tingkat Kota Manado berlangsung di alun-alun kota, lapangan Sparta Tikala Manado, selaku Inspektur Upacara Walikota Manado, DR. Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si DEA, Sabtu (17/08/19) pagi tadi.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 Wita itu, ditandai dengan bunyi sirine bersahutan dari berbagai penjuru lapangan kebanggaan masyarakat Kota Manado tersebut, pertanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2019.

 

Diawali dengan pembacaan Proklamasi yang disampaikan Pimpinan Dewan Sementara Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Ketua, Altje Dondokambey. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh kelompok Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Manado yang terdiri dari pasukan 8, pasukan 17 dan pasukan 45.

Dengan langkah tegap, anggota Paskibraka yang terdiri dari siswa-siswi terbaik pada beberapa SMA/SMK di kota ini dan didukung penuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (KODIM) 1309 Manado, memasuki lapangan upacara. Detik-detik menegangkan ketika pembawa baki, mulai menaiki 12 anak tangga di podium utama untuk menerima bendera merah putih yang diserahkan Walikota. Namun, dengan kepercayaan diri yang tinggi, berhasil membawa bendera merah putih sampai ke tiang bendera.

Tugas selanjutnya diserahkan kepada tiga siswa putra yang bertugas menaikkan bendera merah putih sampai ke puncak tiang. Tim Paskibraka Manado berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Usai upacara bendera, Walikota mengatakan momen perayaan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan hal wajib untuk dilaksanakan.

Pasalnya, dengan perayaan tersebut akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa serta kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun 2019 ini sangat penting dan wajib untuk dilaksanakan. Karena, dengan perayaan seperti ini akan menggugah rasa nasionalis kita untuk lebih mencintai dan bangga dengan Negara ini. Kita juga berterima kasih kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban untuk kemerdekaan negeri ini,” tandas Walikota dua periode tersebut.

 

Disamping itu, tambah Walikota, dirinya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Kota Manado, khususnya generasi muda agar memelihara kemerdekaan yang diberikan Tuhan melalui perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. “Dirgahayu Negeriku, ke 74 Tahun, SDM Unggul Indonesia Maju, Merdeka !!! Tuhan Memberkati kita semua,” Ucap Walikota

 

Tampak hadir, Wakil Walikota Manado, Mor D Bastiaan, SE, segenap Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. DR. Julyeta PA Lumentut – Runtuwene bersama Keluarga, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Imelda Bastiaan Markus, SE, Sekretaris Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, MH, serta para pejabat dilingkup Pemkot Manado, TNI dan Polri, Organisasi Keagamaan/Kemasyarakatan dan Kepemudaan serta Undangan. (denny/pemhum)

 

 

 




error: Content is protected !!