Search
Senin 25 Mei 2020
  • :
  • :

Walikota Manado Sambangi Kecamatan Tikala

Walikota Manado saat kunker ke Kecamatan Tikala (Foto: Pemhum)

 

MANADO – Wali Kota Manado DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Tikala, Selasa (28/01/20).

 

Kedatangan Walikota didampingi Sekretaris Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, bersama rombongan disambut oleh Camat Tikala Agro Berry Sangkay beserta jajarannya di Kecamatan Tikala baik Lurah, Kepala Lingkungan, Kepala Sekolah di wilayah Tikala dan lainnya.

 

Dalam arahannya, Wali kota dua periode ini mengatakan, para kepala lingkungan harus paham betul kondisi wilayah termasuk batas wilayah dan warga.

 

“Jangan sampai karena tidak tahu batas wilayah, lalu muncul masalah belakangan. Harus tahu juga, warga di wilayah itu siapa saja, sehingga bisa tahu kalau ada pendatang,” ujar Walikota.

 

Lebih lanjut, Walikota pun menegaskan, warga yang dimaksud termasuk lansia yang perlu mendapat perhatian ekstra, terutama akan berkaitan dengan penerimaan bantuan dari pemerintah kota untuk lansia.

 

“Lansia itu harus di data tanpa ada yang terlewat, satupun. Di data tanpa melihat faktor latar belakang atau suka tidak suka karena bantuan lansia itu program Walikota dan Wakil Walikota bukan partai tertentu. Jangan sampai ada yang terlewat, jangan sampai, salah kepala lingkungan karena tidak mendata, lalu yang disalahkan adalah Walikota,” tegas Ketua Dewan Pengawas Apeksi ini.

 

Walikota pun menegaskan, seluruh aparat pemerintahan, khususnya kelurahan, yaitu lurah dan kepala lingkungan harus tahu potensi wilayah masing-masing terutama yang bisa memicu kerawanan, baik bencana maupun tarkam.

 

Mengenali penyebab terjadinya bencana dan tarkam harus dicari tahu dan dicarikan solusinya, seperti lingkungan yang tidak bersih atau tingkat konsumsi minuman keras yang tinggi di wilayah tersebut. “Cari solusi dan koordinasi dengan babinkamtibmas dan babinsa di wilayah masing-masing,” katanya kembali.

 

Walikota juga menambahkan, setiap kepala lingkungan harus tahu perkembangan dan informasi terkini di wilayahnya masing-masing, termasuk pembangunan baru baik untuk usaha ataupun untuk rumah tinggal.

 

Apabila menemukan pengerjaan proyek, kepala lingkungan adalah yang pertama untuk turun tangan. “Harus tahu punya ijin atau tidak. Kalau tidak, segera tindaklanjuti untuk pengurusan ijin,” ucap Walikota.

 

Diketahui kecamatan Tikala adalah kecamatan yang ke 9 dikunjungi Walikota sehubungan dengan tatap muka dengan jajaran pemerintah kecamatan, kelurahan dan kepala lingkungan, para kepala sekolah SD/SMP serta Kepala Puskesmas, guna memastikan jalannya pelayanan publik yang baik kepada masyarakat di tahun 2020 ini, dan tinggal dua kecamatan lagi yang akan di kunjungi Walikota yakni kecamatan Singkil dan kecamatan Bunaken. (denny/Pemhum)