Search
Senin 22 Juli 2019
  • :
  • :

James Kojongian Serap Aspirasi Konstituen

Kojongian

James Enrico Kojongian (foto: denny/speednews)

 

TOMOHON Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon dari Fraksi Partai Golkar James Enrico Kojongian, ST melaksanakan reses di Kelurahan Woloan Satu, Senin (08/04/19). Reses dihadiri ratusan warga dari wilayah daerah pemilihan Tomohon Satu.

 

Kojongian menjelaskan, masa reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan.

 

“Saya berharap reses ini benar-benar bisa menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen di Daerah Pemilihan lebih khusus untuk Dapil I Tomohon Tengah, Barat dan Timur sebagai wujud perpanjangan tangan dari aspirasi konstituen,” jelas Kojongian.

 

Dikatakannya, pentingnya pelaksanaan reses yang merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu konstituen pada Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing guna meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta guna mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan pemerintah daerah.

 

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap empat  bulan, anggota Dewan turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” tutur pria yang kembali diusung oleh Partai Golkar untuk DPRD Tomohon 2019-2024.

 

Dia menjabarkan, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut, kemudian akan direkap dan dibuat laporannya, diteruskan pada pimpinan di Dewan. “Selanjutnya kita akan teruskan ke Wali Kota, yang kemudian Wali Kota meneruskan pada OPD terkait,” terangnya.

 

Dirinya menyatakan kegiatan reses sangat penting dan sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. “Reses ini momen kita bertemu masyarakat secara massal.Kita bertemu konstituen yang selama ini mendukung kita. Dengan kesibukan agenda di Dewan, ini momen yang harus kita  manfaatkan,” pungkasnya. (denny)




error: Content is protected !!