Search
Jumat 30 Oktober 2020
  • :
  • :

KPU Tomohon Resmi Buka Pendaftaran Bapaslon

TOMOHON – Ketua KPU Kota Tomohon Drs Haryyanto Lasut, MAP mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon resmi membuka pendaftaran bakal pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 tanggal 4 September 2020. Pendaftaran ini akan berlangsung sampai tanggal 6 September 2020.

Bapaslon Jilly Gabriela Eman dan Virgie Baker saat tiba di Kantor KPU Tomohon

Hari pertama pendaftaran KPU Tomohon menerima pendaftaran dari bakal pasangan calon atas nama calon Wali Kota, Jilly Gabriella Eman SE., MM. dan calon Wakil Wali Kota Virgie Baker SS., MSi. Bapaslon datang bersama tim dan mengisi buku registrasi pukul 12.10 WITA.

Kata Lasut, selanjutnya dilaksanakan proses penyerahan dokumen pendaftaran, penelitian kelengkapan dan keabsahannya serta penginputan ke aplikasi SILON. Sesuai dengan pemeriksaan, KPU Tomohon menyatakan pendaftaran diterima dan memberikan berita acara pendaftaran serta formulir tanda terima berkas pencalonan kepada Bapaslon dan perwakilan Partai Politik Pengusung, juga Bawaslu kota Tomohon.

Dihari yang sama KPU Tomohon menerima pendaftaran dari bakal pasangan calon atas nama Wali Kota, Caroll J. A. Senduk SH. dan calon Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE. Bapaslon datang bersama tim dan mengisi buku registrasi pukul 14.50 WITA.

Selanjutnya dilaksanakan proses penyerahan dokumen pendaftaran, penelitian kelengkapan dan keabsahannya serta penginputan ke aplikasi SILON. Sesuai dengan pemeriksaan, KPU Tomohon menyatakan pendaftaran diterima dan memberikan berita acara pendaftaran serta formulir tanda terima berkas pencalonan kepada Bapaslon dan perwakilan Partai Politik Pengusung, juga Bawaslu kota Tomohon.

“Proses pendaftaran kedua Bapaslon ini berlangsung dengan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19,” Kata Lasut.

 

Setelah registrasi dan mengisi buku daftar kehadiran, Bapaslon dipersilahkan masuk ke kantor KPU sebagai tempat penyerahan pendaftaran dengan membatai peserta yang masuk. Peserta yang masuk hanya Bapaslon dan pimpinan partai politik pengusung dan LO.

 

“Hal ini tentu sesuai dengan protokol kesehatan yang diatur dalam PKPU 10 perubahan atas PKPU 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam corona virus disease 2019 (covid-19),” terang Lasut.

 

Ia menambahkan bahwa seluruh proses kegiatan pendaftaran disiarkan secara langsung melalui akun media sosial resmi live streaming Facebook KPU Tomohon sehingga seluruh proses pendaftaran dapat dimonitor oleh seluruh masyarakat kota Tomohon termasuk para pendukung masing-masing bapaslon.

 

“Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tidak perlu memadati Kantor KPU Tomohon sehingga tidak terjadi kerumunan orang yang bisa menimbulkan resiko penyebaran covid-19,”tandasnya. (redaksi)