Danrem 131/Santiago Terima Penghargaan Dari Kementrian Sumber Daya Alam

Manado59 Dilihat

Manado – Kementrian Sumber Daya Alam berikan penghargaan kepada Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong atas dukungan dan peran dalam perlindungan kawasan dan pelestarian terumbu karang di Taman Nasional Bunaken, Jumat (09/04/2021).

Penyerahan piagam penghargaan yang diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem Republik Indonesia KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Ir. Wiranto, M.Sc kepada Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong atas dukungan dan perannya dalam perlindungan kawasan melalui penyiapan personil babinsa serta konsistensinya dalam pelestarian terumbu karang di Taman Nasional Bunaken Provinsi Sulawesi Utara sejak tahun 2020 hingga 2021 yamg merupakan sebuah bukti kepedulian dan partisipasi aktif TNI AD khususnya Korem 131/Santiago dalam menjaga dan melestarikan alam.

Baca juga:  Dihadapan Mahasiswa Hukum Trisakti, SBANL Jelaskan Eksistensi DPD RI Sebagai Lembaga Negara

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem Republik Indonesia KLHK, Ir. Wiratno mengatakan, keberadaan hutan mangrove sangat penting sebagai ekosistem pesisir, bukan hanya berkontribusi lokal tetapi juga menjadi paru-paru dunia.

“Mangrove juga berperan sebagai pelindung pantai dari erosi dan abrasi, Intrusi air laut, melindungi terpaan gelombang dan badai, bahkan zat hijau daun tanaman mangrove sebagai penyerap karbon Co2 sehingga memitigasi perubahan iklim dan sebagai pengendali ekosistem utama di wilayah pesisir,” kata Ir. Wiranto

Ia juga memberikan apresiasi setinggi tingginya terhadap instansi, kelompok masyarakat dan perorangan dalam mendukung kegiatan perlindungan kawasan konservasi kelautan dan kehutanan di Sulawesi Utara.

“Oleh karena itu sekali lagi, saya sangat bangga dan memberikan apresiasi serta penghargaan setinggi tingginya kepada instansi maupun perorangan yang telah ikut serta menjaga dan melestarikan alam khususnya yang ada di wilayah Sulawesi Utara,” pungkasnya.

Baca juga:  Hari ke-6, Pemkot Manado Safari Ramadhan di Masjid Darul Istiqama Bailang

(Penrem/Afr)