Jaga Kualitas Udara, Pertamina Gelar Talk Show Bersama Pemerintah dan Komunitas Otomotif

Manado25 Dilihat

Manado – Pertamina Regional Sulawesi gelar talk show yang bertema “Energi baik untuk lingkungan hidup” dengan menghadirkan sejumlah narasumber yakni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marly E Gumalag, Kepala Dinas Kesehatan Sulut Debbie Kalalo, Sales Branch Manager Sulutgo Sandi Sarianto serta Komunitas Otomotif Adi Putra Mokoginta, Rabu(10/02/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marly E Gumalag dalam materinya mengatakan, di Sulut sudah ada tiga pemantauan kualitas udara yaitu, AQMS, Passive Sampler, dan GENT Sampler.

“AQMS adalah sistem untuk mengetahui tingkat pencemaran udara, salah satunya untuk Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU), sementara untuk Passive Sampler merupakan salah satu metode sederhana yang digunakan untuk pengukuran kualitas udara ambien dengan menggunakan parameter ukur SO2 dan NO2. Kegiatan pemantauan udara ambien tersebut bertujuan untuk mengetahui kualitas udara ambien di wilayah Kabupaten/Kota, dan untuk GENT Sampler yaitu untuk pengambilan contoh uji partikulat di udara ambien,” jelas Marly

Baca juga:  Tepat Waktu, PD Pasar Manado Bayar Gaji Karyawan

Sementra itu, di Sulut dan Gorontalo Bahan Bakar Minyak (BBM) produk Pertamina semakin diminati, bahkan masyarakat banyak yang beralih menggunakan BBM berkualitas seperti pertalite.

“Banyak masyarakat yang sudah beralih menggunakan pertalite, sudah sekitar 60 persen,” kata Muhammad Iqbal Hidayatulloh Jr. Officer Communication & Relations Pertamina Reg. Sulawesi

Kenaikan konsumsi BBM ini diharapkan agar masyarakat semakin sadar dengan kebersihan lingkungan serta menjaga kualitas udara.

“Jadi kami berharap bukan hanya Pertamina yang mendorong masyarakat untuk bisa membeli dan menggunakan BBM berkualitas. Tetapi ada kesadaran dari masyarakat, karena banyak dampak positif yang bisa diterima masyarakat,” pungkasnya. (Afr)