Search
Selasa 4 Agustus 2020
  • :
  • :

BPN dan Kejari Minsel Teken Perjanjian Kerjasama

 

MINSEL – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Minahasa Selatan dan Kejaksaan Negeri melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama.

 

Penandatanganan kerjasama ini terkait dengan penanganan permasalahan dibidang pertanahan dan perlindungan aset-aset pemerintah.

 

Penandatanganan yang digelar di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Selasa (11/02/20) diawali antara Deany W. J Keintjem, A.Ptnh selaku Kepala Kantor Pertahanan Kabupaten Minahasa Selatan dengan I Wayan Eka Martha, SH, MH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Selatan.

 

Penandatangan kerja sama ini tentang koordinasi dan kerjasama pelaksanaan tugas dan fungsi dalam rangka penegakan hukum pemulihan sset di bidang Agraria Pertanahan dan Tata Ruang. 

 

Dalam penandatanganan ini, ada sembilan pokok permasalahan terkait perjanjian kerjasama. yakni:

1) Dalam pemberian dukungan data dan atau  informasi,
2) Penegakan hukum dibidang agraria atau pertanahan,
3) Pemberian bantuan hukum litigasi non litigasi, pertimbangan hukum tindakan hukum lainnya di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara,
4) Pelacakan dan penelusuran asset,
5) Pemulihan aset terkait tindak pidana dan atau pemulihan aset lainnya,
6) Pengamanan pembangunan strategis,
7) Pencehagan dan pemberantasan mafia tanah,
8) Percepatan sertifikasi tanah aset Kejaksaan  RI,
9) Peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

 

Kepala BPN Minsel Deany W. J Keintjem, A.Ptnh mengatakan bahwa tujuan dari pada penandatanganan Kerja sama ini sebagai bentuk koordinasi yang baik antara dua institusi.

 

“Dengan adanya perjanjian kerja sama ini koordinasi dan komunikasi saling bersatu bersinegritas untuk membangun visi misi pemerintah bisa dijalankan sebagaimana mestinya,” kata Keintjem. (ever)