Search
Jumat 2 Oktober 2020
  • :
  • :

Ketua Bawaslu MINSEL Eva Kientjem ; Saya Kecewa Fungsi Pengawasan Di hambat

MINSEL-. Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Eva Keintjem, merasa kecewa setelah mendengar informasi dari rekan-rekannya Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam).

 

Menyampaikan, Panwascam serta Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD), tidak diperkenankan duduk bersama dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan PPS (pantia pemungutan suara) saat mereka melakukan kerja pemutakhiran data.

 

Hal itu menurut Keintjem, menghambat fungsi pengawasan dari Bawaslu. Secara kelembagaan Bawaslu menjalankan amanat undang undang dalam koridor pengawasan Pemilihan umum (Pemilu). Tentunya untuk saat ini adalah pengawasan Pemilihan umum.

 

“Mengapa Panwascam dan PKD tidak diijinkan untuk duduk bersama dengan PPDP dan PPS, saat melakukan pemutakhiran data. Itu sama saja menghambat akses dari Bawaslu menjalankan tugas fungsi pengawasan. Data pemilih ini sangat penting diawasi karena berdampak sampai pada tahapan akhir pungut hitung,”tegas Keintjem, saat dikonfirmasi media ini, Sabtu,(08/08/2020) malam.

 

Lanjutnya, tujuan pengawas pemilu untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan dalam tahapan ini. Seperti pemilih ganda, meninggal, tidak dikenal dan belum cukup umur.

 

“ Tapi juga untuk memastikan semua wajib pilih yang memenuhi syarat itu didata dan dimasukan dalam daftar pemilih (dicoklit ppdp) tanpa terkecuali,”pungkas Keintjem.(ever)