Search
Minggu 26 Januari 2020
  • :
  • :

Peringati Hari Dharma Samudera, Bupati CEP Ikut Bersih-Bersih Pantai

Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu saat mengangkat sampah  (Foto: ist)

 

MINSEL – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado menggelar bersih-bersih pantai dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudra tahun 2020.

 

Kegiatan bersih-bersih yang digelar di sepanjang pantai di jalan Boulevard Amurang ini diawali dengan apel bersama di Tugu I’M Amurang, Selasa (14/01/20) yang dipimpin langsung oleh Bupati Minahasa Selatan DR Christiany Eugenia Paruntu, SE.

 

Komandan Lantamal VIII  (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta M.Mar.Stud mengatakan bersih-bersih pantai tersebut dilakukan untuk memperingati hari Dharma Samudera.

 

“Bersih-bersih sampah di pantai ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan jajaran Lantamal VIII Manado,” ujar Sipasulta.

 

Dalam peringatan Hari Dharma Samudera ini, pihaknya menggandeng seluruh elemen masyarakat, baik jajaran TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan maupun organisasi masyarakat untuk membersihkan pantai di teluk Amurang.

 

Sementara, Bupati Tetty Paruntu pada kesempatan tersebut menghimbau kepada masyarakat yang ada di pesisir pantai untuk menjaga lingkungan bersih jangan membuang sampah sembarangan karena dapat mencemarkan populasi bawah laut.

 

“Kita ingin supaya Minsel ini di kenal oleh para wisatawan domestik dan luar negeri dan melihat bumi yang kita cintai terhindar dari sampah plastik,” ujar bupati dua periode tersebut.

 

Komandan Kodim 1302 Minahasa melalui Danramil Modoinding Lettu Inf Frangky Kolibu mengatakan bahwa pihaknya dari satuan TNI AD dan Polres Minsel siap mensukseskan acara yang akan dilaksanakan oleh TNI AL pada beberapa hari ke depan bersama dengan Pemkab Minsel.

 

Tampak hadir Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, SH, Forkopimda, Wakil Ketua Dewan Paulman Runtuwene, ST, Perangkat Daerah dan ASN di lingkungan Pemkab Minsel.

 

Hadir juga jajaran Kodim 1302 Minahasa, jajaran Polres Minsel, TNI AL, Kejari Minsel, seluruh aparat sipil negara (ASN) dan tenaga harian lepas (THL) serta siswa-siswi dari kecamatan Amurang. (ever)