Search
Selasa 23 April 2019
  • :
  • :

Bawaslu Provinsi Sulut , Peran Media Dalam Penyelesaian Sengketa Pemilu

Banwaslu Sulut dan Banwaslu Minut Gelar Media Gathering

Minut – Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Utara (Minut) menggelar Media Gathering dengan tema : “Peran Media Dalam Penyelesaian Sengketa Pemilu” yang di selenggarakan di Raewaya Hills Kabupaten Minahasa Utara pada Rabu, 07 November 2018.

“Pekerjaan terbesar Bawaslu adalah pengawasan, sesuai dengan Undang-undang nomor 7 tahun 2017. Bawaslu bertugas mengawasi tahapan Pemilu yang harus berjalan sesuai dengan undang-undang dan peraturan KPU, di tambah dengan kewenangan yang baru yaitu menjudikasi dan mengadili sengketa, perselisihan antara penyelenggara Pemilu (KPU) dengan peserta pemilu melalui Proses Sengketa”, ujar Awaludin Umbola SH.

Lanjutnya, “Untuk itu, Bawaslu mengajak media untuk kerjasama saling mengingatkan, memberi masukan dan saran juga informasi agar kewenangan baru ini dapat dirasakan efek positifnya kepada seluruh masyarakat terlebih kepada Partai Politik peserta Pemilu”, ujar Komisioner Bawaslu Sulut selaku Koordinator Penyelesaian Sengketa, Awaludin Umbola SH.

“Menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada Proses Sengketa yang bisa di berikan kepada masyarakat peserta pemilu ketika ada tahapan atau persoalan yang merugikan, merasa tidak ada keadilan, ajukan ke Bawaslu. Bawaslu dengan secepat mungkin memberi kepastian hukum. Paling tidak akan meluruskan dan mencari kebenaran dari persoalan tersebut. Tentunya gugatan ke Bawaslu harus di uji sesuai regulasi dan undang-undang. Apakah ada pelanggaran yang di lakukan KPU atau apakah ada faktor kesengajaan, kelalaian yang di lakukan Partai Politik sehingga putusan tersebut tidak dapat di penuhi atau di tolak. Jadi kepada Parpol dan masyarakat bila ada ketidak puasan, secara administrasi ajukan ke Bawaslu dan secara cepat menerima kepastian hukum”, jelas Awaludin Umbola SH.

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Supriyadi Panggelu SH mengatakan, “Media adalah mitra Bawaslu dalam membangun sinergitas, demi tersampainya berita yang tepat dan jelas kepada publik mengenai tugas pokok dan kewenangan baru ini, mengingat bahwa harapan publik terhadap kualitas demokrasi semakin tinggi. Dukungan media sangatlah membantu untuk sama-sama mengawal perjalanan demokrasi di Indonesia ini lewat publikasi yang positif dan membangun. Media memiliki peran penting dalam menciptakan Pemilu yang damai dan berintegritas. Bersama sukseskan Pemilu 2019”, tukas Panggelu.

Media Gathering yang di hadiri oleh Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy beserta komisioner Rocky Ambar dan Rahman Ismail, staf Bawaslu Provinsi Sulut dan Kabupaten Minut, di ikuti oleh sejumlah awak media cetak dan media on line biro Minahasa Utara.

reinold




error: Content is protected !!